Sukses

Beauty

Ciri Penyakit Ginjal Juga Bisa Nampak Lewat Mulut Anda

Semua organ dalam tubuh saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Terkadang penyakit yang muncul pada organ tertentu memang tampak seperti tidak ada hubungannya dengan gejala yang muncul. Itulah sebabnya, kadang gejala suatu penyakit, ciri penyakit ginjal misalnya, justru bisa dikenali dengan mengetahui kelainan fungsi organ selain ginjal itu sendiri.

Salah satu contoh misalnya hubungan antara kondisi ginjal dan mulut. Sekilas memang seperti tidak ada hubungannya, namun tahukah anda bahwa kondisi ginjal anda juga akan mempengaruhi kondisi mulut anda?

Dr. Andre Clarke dalam situs tribune242.com menyebutkan bahwa penyakit ginjal akut mempengaruhi kondisi mulut seperti mulut yang kering, bau mulut, area di dalam mulut terasa seperti besi atau metal, mulut berdarah, kelenjar ludah membengkak, karang gigi yang semakin banyak.

Ciri penyakit ginjal yang muncul di area mulut ini memang kadang sering terabaikan karena nampak tidak berbahaya. Misalkan mulut kering, bau mulut area mulut yang berdarah atau karang gigi. Kondisi yang juga umum bagi orang dengan ginjal sehat inilah yang membuat orang tidak waspada karena menganggap ini hanya masalah rongga mulut biasa. Tapi jangan salah, anda patut waspada karena gejala yang tampak sepele kadang justru mengarah ke penyakit yang lebih serius.

Dan parahnya, masyarakat umum (bahkan kadang kita sendiri ya Ladies!) memang jarang menghubungkan masalah rongga mulut dengan penyakit lain yang lebih serius, seperti kelainan ginjal ini. Pada umumnya masyarakat baru waspada dengan kondisi ginjal mereka jika mereka merasa nyeri di daerah pinggul, kesulitan saat buang air kecil atau ketika kencing mereka mengandung darah.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading