Sukses

Beauty

Kaki Bengkak? Awas Itu Salah Satu Ciri Penyakit Ginjal!

Penyakit gagal ginjal terkadang memang tidak langsung tampak gejalanya begitu saja. Dan seseorang yang menderita gagal ginjal biasanya baru menyadari jika dirinya menderita gagal ginjal justru setelah penyakit tersebut sudah akut. Beberapa ciri penyakit ginjal yang nampak biasanya terabaikan karena gejala yang muncul seperti tidak ada hubungannya dengan penyakit yang lebih serius.

Orang awam biasanya hanya menghubungkan penyakit ginjal dengan nyeri di daerah pinggang dan nyeri ketika buang air kecil saja. Padahal ada beberapa ciri penyakit ginjal lainnya yang kadang memang tidak benar-benar tampak ada hubungannya dengan ginjal. Salah satu diantaranya adalah pembengkakan pada kaki, tangan, atau wajah.

Seperti yang dilansir situs kidneyfailure.web, ginjal yang sehat mampu menghilangkan kelebihan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan menjaga keseimbangan zat-zat tersebut dalam tubuh. Ketika ginjal gagal berfungsi dengan baik, cairan yang berlebih tersebut tidak bisa disaring dan dibuang. Akibatnya, cairan tersebut menumpuk pada tubuh.

Yang lebih parah, kadar protein yang keluar bersama urine pada penderita gagal ginjal terlalu tinggi dan mengakibatakan rendahnya albumin pada tubuh. Hal ini akan membuat turunnya tekanan plasma colloid dalam tubuh sehingga cairan tubuh tidak bisa tetap berada dalam pembuluh dan akhirnya mengalir ke jaringan otot. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan di kaki, tangan atau wajah.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading