Rasa Sakit Saat Kencing Bisa Jadi Ciri Penyakit Ginjal

Fimela18 Mar 2014, 14:10 WIB

Pernahkah anda tiba-tiba merasa nyeri atau tidak nyaman saat anda buang air kecil? Rasa nyeri atau tidak nyaman ini biasanya muncul di urethra atau kadang di area pinggul. Rasa nyeri ini sangat umum dialami wanita, namun pria juga terkadang mengalaminya. Awas, rasa nyeri saat kencing merupakan salah satu ciri penyakit ginjal lho.

Pada umumnya rasa nyeri ketika buang air kecil merupakan tanda UTI atau Urinary Tract Inction. UTI sendiri merupakan infeksi yang muncul di saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri atau radang pada saluran kencing. Saluran kencing terdiri dari urethra, kandung kemih, ureter, dan ginjal. Peradangan pada salah satu saja diantara organ-organ ini bisa menjadi penyebab munculnya rasa nyeri saat anda buang air kecil.

Menurut situs healthline.com, wanita lebih mudah terserang UTI daripada pria. Hal ini disebabkan karena urethra pada wanita lebih pendek daripada pria, dan bakteri hidup di urethra yang lebih pendek. Pada pria kondisi nyeri saat kencing bisa jadi dikarenakan prostatitis atau radang pada prostat. Penyakit menular seksual juga bisa menjadi salah satu penyebab nyeri ini. Seperti herpes, gonorrhea atau chlamydia.

Rasa nyeri ini biasanya juga muncul pada penderita batu ginjal. Batu ginjal sendiri adalah zat-zat yang mengeras yang ada pada ginjal. Batu ginjal tidak selalu tetap berada di ginjal. Kadang zat-zat yang mengeras tersebut pindah ke ureter. Saluran ureter yang tersumbat batu-batuan ini bisa menyebabkan iritasi pada ureter.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)