Sukses

Beauty

Ciri Penyakit Ginjal Akut

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan mengurangi kelebihan garam, cairan, dan zat-zat yang tidak diperlukan dalam tubuh. Karena fungsinya yang berat, pola hidup yang tidak sehat akan memicu kerusakan pada ginjal. Menjaga memang lebih baik daripada mengobati, namun ada baiknya anda mengetahui ciri penyakit ginjal agar anda bisa lebih waspada dengan kondisi ginjal anda.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit ginjal kronis umumnya sudah berada dalam perawatan rumah sakit. Salah satu penyakit ginjal kronis diantaranya adalah Acute Kidney Failure atau AKF. AKF adalah kondisi dimana ginjal seseorang tiba-tiba tidak bisa bekerja.

Ketika seseorang mengalami AKF, ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga elektrolit dan zat-zat dalam tubuh yang seharusnya ikut terbuang menjadi terkumpul dalam tubuh. Orang-orang yang memiliki resiko AKF diantaranya adalah seseorang yang memiliki masalah dengan ginjal, hati, diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, serta obesitas.

Situs healthline.com menulis beberapa ciri penyakit ginjal yang satu ini. Diantaranya adalah buang air yang bercampur darah, bau mulut, tubuh lemas dan lelah, bengkak di beberapa bagian tubuh, nyeri di antara rusuk dan pinggang, tangan bergetar, mudah memar, perubahan mood, nafsu makan berkurang, kemampuan indera peraba berkurang terutama di kaki atau tangan, kejang, seperti ada rasa metal di mulut, mual, muntah, cegukan yang tidak kunjung selesai, tekanan darah naik.

AKF bisa berkembang sangat cepat dalam hitungan jam, namun juga perlahan dalam hitungan hari. Jadi jika anda mengalami ciri-ciri ini dan masih juga belum mengunjungi rumah sakit, sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke rumah sakit sekarang juga.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ginjal merupakan organ yang berfungsi membersihkan aliran darah dengan bekerja sebagai filter untuk mengeluarkan air dalam tubuh.

    Penyakit Ginjal

Loading