Sukses

Beauty

Mencegah Datangnya Penyakit Darah Anemia

Ladies, meskipun kelihatannya sepele, jika dibiarkan, anemia bisa berbahaya lo. Penyakit darah yang satu ini terkadang tak terlihat kemunculannya. Gejalanya pun seperti kelelahan biasa, yaitu pusing, sakit kepala, pucat. Namun, kita tetap harus waspada ya.

Dilansir oleh womenshealth.gov, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia.

- mengkonsumsi makanan mengandung zat besi tinggi. Zat besi dapat ditemukan pada makanan seperti sereal, roti (periksa label kandungan nutrisi), kacang-kacangan, tiram, tahu, sayuran hijau seperti bayam, daging, ikan, dan buah-buah tertentu.

- konsumsi makanan yang memudahkan tubuh menyerap zat besi. Contohnya adalah jus jeruk, stroberi, brokoli, atau buah lainnya dan sayuran yang mengandung vitamin C.

- hati-hati dengan minuman. Ladies, minum teh atau kopi memang terasa enak saat makan. Namun, kedua minuman inilah yang mempersulit tubuh menyerap zat besi. Sebaiknya meminum ini jangan saat makan ya.

- konsumsi vitamin B12 secara cukup. Vitamin B12 dapat juga diperoleh dengan meminum suplemen yang telah dikonsultasikan dengan dokter.

- biasakan memilih makanan secara seimbang. Seseorang yang terbiasa mengatur pola makan seimbang akan mendapat asupan gizi yang cukup, termasuk didalamnya zat besi dan vitamin.

- bagi wanita subur, biasakan tes anemia setiap 5 sampai 10 tahun sekali. Tes ini harus dilakukan secara rutin dan dimulai sejak usia remaja.

- bagi wanita subur yang memiliki resiko kekurangan zat besi (menstruasi banyak atau pernah mengalami anemia), sebaiknya tes anemia dilakukan setiap tahun

Oleh : Isti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading