Sukses

Beauty

Bakteri Clostridium Botulinum Dalam Telur Bebek Sebabkan Kelumpuhan

Dilansir dari laman enthok.blogspot.com clostridium botulinum adalah bakteri garam positif yang berbentuk batang dan berspora. Dalam hidupnya, bakteri ini tidak membutuhkan oksigen dan menghasilkan toksin. Toksin inilah yang sebenarnya membuat bakteri yang satu ini menjadi berbahaya. Salah satu bahayanya adalah bakteri clostridium botulinum dalam telur bebek sebabkan kelumpuhan.

Diurutkan dari awal mulanya, bebek memakan makanan yang mengandung bakteri clostridium botulinum. Dalam tubuh bebek tersebut bakteri menyerang protein yang ada pada tubuhnya, sehingga berpengaruh pula pada telur yang dihasilkannya. Nah telur itulah yang kemudian dimakan oleh manusia.

Dilansir dari laman food.detik.com bila sudah termakan, bakteri ini akan menimbulkan gejala-gejala seperti gangguan pada mata (penglihatan ganda, penglihatan kabur, kelopak mata terkulai), gangguan pada mulut (bicara cadel, kesulitan menelan, mulut kering) dan melemahnya otot.

Bila Anda mengalami hal-hal diatas segera lakukan pertolongan petama agar tidak berakibat pada penyakit lumpuh/botulism dan dampak fatal lainnya. Pertolongan yang dimaksud bisa dengan minum air kelapa hijau, antibiotika, obat pencahar atau obat tradisional.

Air kelapa dapat menangkal racun, antibiotika dapat menghindarkan Anda dari infeksi sekuder, obat pencahar dapat mngeluarkan bakteri dan racun sedangkan obat tradisional dapat membuat Anda haus dan minumm banyak air sehingga racun pun segera keluar. Obat tradisional yang dimaksud adalah campuran antara 1 sendok minyak kelapa dan air minum.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading