Sukses

Beauty

Waspada Staphylococcus Aureus Pada Telur Bebek

Dilansir dari laman riayuniastiqaa.blogspot.com staphylococcus berasal dari dua kata yaitu staphyle dan coccus. Staphyle artinya kelompok buah anggur dan coccus artinya biji yang bulat. Jadi staphycoccus adalah sel yang berbentuk bulat seperti buah anggur. Berbanding terbalik dengan namanya yang indah, ternyata bakteri ini sangat berbahaya dan Anda patut waspada staphylococcus aureus pada telur bebek.

Dilansir dari laman anneahira.com bakteri ini dapat mengkontaminasi telur bebek, sehingga bila mengkonsumsi telur yang terkontaminasi tersebut selang 1 sampai 6 jam Anda bisa mengalami gangguan pencernaan yang menunjukkan gejala seperti mual, muntah, kram perut, diare dan dehidrasi selama 1 sampai 3 hari.

Pada gejala ringan yang menyerang kulit luar saja hal ini masih bisa diatasi dengan mengoleskan salep antibiotik (penicilin, amoxicilin atau oxacillin) pada luka. Namun gejala yang berat dibutuhkan operasi pengeeluaran nanah.

Nah, jika Anda tidak ingin hal itu terjadi pada Anda sebaiknya mulailah melakukan pengolahan telur bebek dengan benar. Caranya adalah dengan memanaskan telur bebek dalam suhu lebih dari 60 derajat celcius dan mendinginkan telur bebek hingga mencapai 7.2 derajat celcius.

Satu lagi, staphylococcus dapat menular melalui kontak langsung. Untuk itu sebaiknya Anda menghindari menyentuh handuk, selimut atau kasur penderitanya. Dengan begitu Anda pun dapat terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari bakteri tersebut.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading