Sukses

Beauty

Fungsi Cangkang Pada Telur Puyuh

Cangkang telur merupakan salah satu bagian penting dari telur yang berperan dalam menjaga kualitas telur. Semakin tinggi kualitas telur tentu akan menjadikan masakan dengan bahan dasar telur puyuh ini akan semakin bagus hasilnya.

Untuk telur puyuh sendiri memiliki ciri cangkang yang sangat khas, yaitu memiliki corak hitam putih yang bercampur. Bentuk telur puyuhpun lebih mungil dibandingkan dengan bentuk telur-telur pada umumnya.

Umumnya cangkang telur ini tidak begitu diperhatikan keberadaannya. Namun, siapa sangka bahwa bagian cangkang ini juga mengandung beberapa zat penting. Dilansir dari laman de-angel-smile.blogspot.com, cangkang telur puyuh tersusun kira-kira dari 94% zat kalsium karbonat, 1% zat magnesium karbonat, 1% zat kalsium fosfat, dan 4% bahan organik terutama protein.

Cangkang ini sendiri merupakan lapisan berkapur yang menyusun 9 sampai 12% dari berat total keseluruhan telur. Bahan penyusun cangkang ini sebagian besar adalah CaCo3. Bahan ini dihasilkan dari proses ekresikan albumen oleh kelenjar uterus.

Fungsi dari cangkang ini seperti informasi yang dilansir dari situs tokopastri.com adalah sebagai tempat pertukaran udara. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pori yang dimiliki cangkang. Di dalam cangkang terdapat selaput tipis yang terletak di salah satu ujung telur. Selaput ini tidak menempel pada cangkang sehingga membentuk rongga udara.

Oleh : Mufarrohah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading