Sukses

Beauty

Albumen Telur Puyuh

Bunda tau gak sih, apa itu albumen?

Albumen adalah nama lain dari putih telur. Nah, kali ini akan sedikit mengulas mengenai putih telur ini. Terkadang saat Bunda membuat kue, maka bagian telur yang digunakan seringnya adalah bagian kuning telurnya. Lalu putih telurnya? Jangan dibuang dulu ya, Bunda. Putih telur tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam olahan sampingan lho. Selain itu kandungan vitamin pada putih telur ini bermanfaat lho bagi tubuh.

Dilansir dari laman de-angel-smile.blogspot.com, albumen ini sendiri terdiri dari 4 lapisan di dalamnya. Lapisan-lapisan tersebut adalah lapisan chalaziferous atau lapisan kental dalam, lapisan encer dalam atau inner thin layer, lapisan kental luar atau firm gel-like layer, dan lapisan encer luar atau outher thin layer.

Albumen menyusun kira-kira 60% dari berat telur total. Jika Bunda menemukan albumen yang berwarna sedikit kehijauan, tidak perlu khawatir karena hal disebabkan oleh riboflavin atau vitamin B2 yang tentunya baik bagi tubuh.

Fungsi dari albumen pada telur puyuh pun sangat penting. Seperti informasi yang dilansir dari laman mopindonesia.blogspot.com menyebutkan bahwa albumen ini berfungsi sebagai pelindung embrio dari goncangan dan juga sebagai cadangan makanan dan air.

Untuk olahan menggunakan putih telur sangatlah bervariasi. Selengkapnya dapat diketahui di ulasan selanjutnya ya, Bunda.

Oleh : Mufarrohah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading