Sukses

Beauty

Kenali Apa Itu Kanker Hati (part 1)

Ladies, hati meurpakan salah satu organ di dalam tubuh yang cukup besar. Peran hati di dalam tubuh adalah menyaring darah yang bersirkulasi ke seluruh tubuh. Namun bagaimana jika fungsi ini terganggu dengan adanya sel kanker yang berkembang?

Penyakit kanker bisa menyerang organ tubuh mana pun, tidak terkecuali hati. Berdasarkan kutipan dari www.webmd.com, berkembangnya sel kanker bisa merupakan kanke rhati primer yang memang berkembang dari hati, namun ada pula kanker hati sekunder (metastatis), di mana sel kanker tidak menyerang organ hati secaraa langsung, namun menyerang organ lain yang kemudian menyebar ke dalam hati.

Karena hati memiliki beberapa jenis sel yang berbeda, ada beberapa jenis tumor pula yang bisa dibedakan. Beberapa di antaranya merupaka tumor jinak dan tidak berkembang menjadi kanker, namun ada pula yang mestastasis dan merupakan sel kanker atau tumor ganas karena bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Untuk jenis tumor jinak yang bisa diangkat tanpa harus menimbulkan risiko besar terhadap kesehatan antara lain adalah tumor hemangioma, hepatic adenoma, hyperplasia, nodular focal, kista, lipoma, fibroma, leiomyoma. Tak satu pun dari tumor ini berkembang lebih parah seperti kanker dan pembedahan sudah bisa mengangkat tumor jinak ini.

Penanganan untuk beberapa tumor jinak memang tidak separah atau seserius kanker hati, namun perlu diperhatikan juga, Ladies.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading