Sukses

Beauty

Kenali Apa Itu Kanker Hati (part 2)

Organ hati sangat penting dalam menetralisir racun dan organ hati merupakan satu-satunya organ yang bisa memperbaiki diri saat rusak. Namun jika organ ini terserang sel kanker, maka Anda harus segera memeriksakan keadaan hati dan segera dilakukan pengobatan.

Jika yang berkembang merupakan tumor jinak, Anda mungkin tidak akan memiliki kekhawatiran yang tinggi, namun jika kanker hati atau hepatocellular carcinoma menyerang, sudah sepantasnya Anda khawatir, karena mungkin saja sel kanker menyebar ke bagian lain jika tidak segera diangkat.

Berdasarkan kutipan dari www.webmd.com, kanker hati primer atau disebut juga dengan karsinoma hepatoseluler, cenderung terjadi pada hati yang rusak karena cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, atau infeksi kronis yang disebabkan oleh penyakit seperti hepatitis B dan C.

Bukan hanya itu, memiliki riwayat diri atau keluarga dengan penyakit hemochromatosis, yaitu penyakit keturunan yang terkait dengan memiliki terlalu banyak zat besi dalam hati, dan sirosis juga bisa memiliki potensi Anda terserang kanker hati. Bahkan lebih dari setengah dari jumlah orang dengan kanker hati primer memiliki sirosis.

Jika ada infeksi atau luka pada hati, bisa juga diakibatkan oleh sering dna banyaknya konsumsi alkohol. Hepatitis B dan C serta hemochromatosis dapat menyebabkan kerusakan permanen dan gagal hati. Kanker hati juga dapat dihubungkan dengan obesitas dan kelebihan lemak pada organ hati.

Itulah, mengapa sangat penting menjaga kesehatan dan menerapkan hidup sehat, sebelum kanker menyerang dan membuat Anda menyesal.
Anda bisa

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading