Sukses

Beauty

Kenali Apa Itu Kanker Hati (part 4)

Sel kanker memiliki kemampuan berkembang dengan sangat cepat dan kebanyakan tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Sayangnya, gejala tidak bisa dilihat saat masih awal menginfeksi.

Kebanyakan orang tidak memiliki tanda dan gejala pada tahap awal kanker hati primer. Untuk itu, mengenali gejala yang timbul dan mengetahui bahwa itu adalah kanker hati, penting untuk diketahui.

Seperti dikutip dari www.mayoclinic.org, ada beberapa gejala umum yang ditimbulkan oleh kanker hati, anatara lain adalah kehilangan berat badan secara signifikan. Anda tidak sedang menjalani diet atau apa pun, namun berat badan Anda semakin menurun meski porsi makan Anda tetap sama atau malah lebih banyak.

Jika bukan karena stress atau hal lain, Anda patut curiga dengan hal ini. Gejala lain yang mungkin timbul adalah kehilangan nafsu makan. Jika Anda kehilangan berat badan, Anda pasti menyangka bahwa hal ini dikarenakan Anda tidka nagsu makan. Namun justru keadaan ini yang perlu Anda waspadai.

Mengapa tiba-tiba Anda tidak nafsu makan? Apalagi berat badan Anda turun secara drastis dalam waktu dekat ini. Hal ini mungkin akan diikuti dengan nyeri pada bagian perut atas, di mana organ hati berada. Nyeri ini mungkin bertahan lama atau muncul dan hilang dengan sendirinya.

Jika hal ini sudah parah, apalagi Anda juga mengalami mual, muntah dan pembengkakan perut, maka segera periksa ke dokter adalah jalan terbaik.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading