Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cuka Apel

Karla Farhana20 Des 2018, 08:30 WIB
[Fimela] Bebas Ketombe

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang lebih buruk dari ketombe. Bukan hanya menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala, ketombe juga membuatmu tidak percaya diri. Apa lagi, kalau sedang mengenakan pakaian gelap dan ada banyak 'salju' di area bahumu. 

Penyebab kemunculan ketombe memang beragam. Dilansir dari Curl Talk, ketombe bisa timbul karena adanya jamur. Ada juga karena kotoran yang mengendap di kulit kepala sehingga menutup pori-pori kulit kepala. 

Jenis ketombe lain disebabkan oleh kulit kering yang mengelupas. Namun, jenis apa pun ketombenya, ada banyak produk yang dapat mengurangi tumbuhnya ketombe. 

Namun, juga ada cara yang lebih irit dan mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan bahan alami cuka apel. Cuka apel sudah lama dipercaya mengobati masalah kulit wajah dan juga menjaga kesehatan kulit kepala. 

Cara hilangkan ketombe dengan cuka apel

5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah yang Belum Banyak Diketahui
Ternyata cuci muka dengan cuka apel dapat memberikan manfaat yang banyak terhadap kulit wajah. Berikut di antaranya. (iStockphoto)

Menghilangkan ketombe dari kulit kepala menggunakan cuka apel juga disebut dengan ACV rinse. Caranya, tuangkan cuka apel ke dalam botol semprot dan campur dengan air. Takarannya 7:3. 

Pastikan kamu sudah mengaduk atau mengocok botol sebelum menyemprotkannya ke kulit kepalamu setelah keramas. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air biasa. 

Cuka apel memang kadang berbau sangat tajam. Namun jangan khawatir, karena baunya akan hilang dalam waktu singkat. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓