25 Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah Secara Cepat dan Alami

Imelda Rahma18 Sep 2020, 10:53 WIB
Diperbarui 05 Okt 2020, 15:58 WIB
copyright thinkstockphotos.com

Wajah yang berjerawat tentu terasa tidak nyaman dan membuat malu dan minder. Kamu ingin bisa cepat menghilangkan jerawat tapi takut akan resiko dan biaya yang mahal? Ada cara menghilangkan jerawat yang aman dan hemat biaya. Yaitu memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Tapi sebelum kita membahas cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat untuk pria dan wanita, kamu perlu mengetahui apa dan penyebab jerawat itu. Jerawat adalah penyakit kulit yang mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit. Lubang kecil di kulit (pori-pori) terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Kelenjar ini menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Di dalam folikel, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit.

Jerawat bukanlah penyakit kulit yang berbahaya. Namun wajah yang berjerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jerawat kadang membandel, saat sudah ada yang hilang, tumbuh lagi satu. Kadang ingin rasanya tangan menyentuh dan memencet jerawat yang membandel ini. Tapi, hati-hati karena tangan yang kotor saat menyentuh jerawat, malah bisa bikin jerawat makin tumbuh subur, dan bahkan infeksi lho.

Apa Sih Penyebab Jerawat?

1. Memencet jerawat

Merasa penampilan terganggu karena adanya jerawat dan ingin segera menghilangkannya dengan cara memencetnya? Ups, tunggu dulu. Apakah Anda yakin bahwa tangan Anda benar-benar bersih? Bukan hanya karena tangan kita yang kotor, karena dengan memencet jerawat, kita hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam yang akan menyebabkan timbulnya bekas jerawat pada wajah.

2. Mengkonsumsi makanan yang tak sehat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat akan menyebabkan timbulnya Jerawat. Karena hal tersebut akan membuat kulit memproduksi sebum yang berlebihan.

3. Ponsel yang kotor

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ponsel yang kita pakai sangatlah kotor. Kita sering sekali secara tidak sadar menyentuh benda yang kotor, lalu memegang ponsel. Tanpa kita sadari, tangan yang kotor tersebut akan memindahkan bakteri ke ponsel kita. Menurut penelitian, ternyata ponsel 18 kali lebih kotor dan mengandung banyak bakteri jahat bila dibandingkan dengan pegangan pintu pada toilet umum. Bukan saja mengandung bakteri, tapi ponsel juga merupakan sarang berkembang biaknya bakteri. Setelah kita pegang dengan tangan kotor, kita meletakkannya pada tempat yang sempit dan gelap, misalnya: Kantung celana dan tas. Maka bakteri akan berkembang biak di ponsel kamu.

4. Terlalu sering cuci muka

Ada anggapan bahwa penyebab jerawat adalah karena kurang rutin membersihkan muka. Karena anggapan itu kamu akan sering membersihkan muka dalam sehari bisa sampai 3-4 kali. Ternyata hal tersebut justru akan membuat wajah kamu berjerawat karena produksi minyak pada wajah justru menjadi berkurang hingga menyebabkan kulit akan terus memproduksi minyak yang berlebihan. Jadi lebih tepat bila mencuci muka cukup 2 kali sehari menggunakan produk pembersih wajah yang ringan.

5. Make up berlebihan

Hal ini Khususnya terjadi pada perempuan, pemakaian make-up yang berlebihan tanpa membersihkan wajah secara teratur justru bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu memakai produk make-up yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah juga bisa menimbulkan jerawat pula.

6. Perubahan hormon

Bukan hanya pada remaja, namun orang dewasa pun bisa berjerawat. Hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon. Kasus ini lebih sering terjadi pada perempuan, karena pada masa-masa tertentu, khususnya pada masa menstruasi dan kehamilan terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Pada saat perempuan mengalami menstruasi, biasanya jerawat akan muncul. Sedangkan pada perempuan hamil, biasanya pada masa hamil 3 bulan pertama, jerawat akan muncul.

7. Pubertas

Bagi Sebagian orang pernah mengalami kondisi berjerawat saat mengalami pubertas atau pada masa remaja. Sebab pada masa puber, sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak meningkat produksinya karena meningkatnya produksi hormon testosteronpula.

8. Kurang menjaga kebersihan

Penumpukan kotoran di pori-pori wajah yang kemudian meradang bisa menyebabkan jerawat pasir. Penumpukan kotoran ini akibat kurang menjaga kebersihan. Maka tidak jarang jika jerawat pasir sering muncul di daerah jidat atau dahi. Hal ini dikarenakan jidat/dahi termasuk T zone, yaitu bagian wajah yang produksi minyak jauh lebih besar dibandingkan bagian lainnya.

 

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Sekarang kita mengetahui penyebab-penyebab jerawat, kini saatnya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat. Menghilangkan jerawat tidak selalu harus menggunakan produk kimia. Dari pada menghabiskan banyak biaya dan hasilnya yang tidak pasti, sebaiknya kita coba cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Banyak metode dan bahan yang digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami, salah satu yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker. Ada Produk masker yang bisa dibuat secara alami begitu juga buatan pabrik yang menjamin bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu 1 hari saja. Namun, Ada baiknya kamu coba dulu produk buatan sendiri, karena lebih terjamin kehigienisannya dan lebih hemat biayanya.

 

Cara Alami Mengatasi Jerawat

1. Menggunakan uap

Uap air panas mampu membuka pori-pori yang tertutup sehingga kulit bisa bernapas. Sehingga kotoran yang terperangkap dalam pori-pori dapat keluar. Caranya mudah saja, isi suatu wadah dengan air panas, lalu letakkan wajah kamu di atas wadah tersebut. Lakukan selama 5 menit. Lakukan dengan rutin menguapi wajah setiap hari terutama menjelang tidur agar kotoran selama seharian penuh dapat keluar.

 

Cara menghilangkan Jerawat Secara Alami Lainnya

2. Menggunakan es batu

Sama halnya meletakkan es batu pada luka lebam, hal tersebut bekerja serupa pada jerawat. Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Bila peredaran darah lancar dapat membantu menghilangkan jerawat membandel. Caranya, ambil es batu secukupnya, bungkus dengan kain bersih. Lalu letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik. Lakukan secara rutin sampai jerawat terlihat mengempis.

3. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker cuka sari apel

Apel adalah buah yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat tinggi. Karena itu apel bisa digunakan sebagai bahan dasar cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang tinggi dan anti mikroba. Caranya sangat praktis, pertama tuang cuka apel pada kapas lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Ingin hasil yang lebih maksimal? Lakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman.

4. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker soda kue dan air

Biasanya Soda kue atau baking soda digunakan sebagai bahan kue, namun ternyata kamu juga bisa membuatnya untuk menghilangkan jerawat pada wajah kamu. Selain bisa digunakan pada jerawat biasa, juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat. Karena soda kue bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit agar mencegah timbulnya jerawat. Soda kue juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat yang membandel. Caranya, cukup campurkan 2 sdm soda kue dengan air hingga mengental. Sebelum diaplikasikan pada wajah, kamu disarankan untuk mencuci wajah dahulu, agar wajah bersih. Aplikasikan soda kue ke wajah secara merata. Tunggu selama 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Setelah mengaplikasikan masker soda kue pada wajah, wajah kamu bisa menjadi cukup kering. Oleh karena itu kamu bisa memakai pelembap wajah sesudahnya.

5. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker alpukat dan dan madu

Alpukat mengandung banyak vitamin E yang mampu menembus pori-pori kulit sehingga bisa meredakan peradangan pada kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Dengan menggabungkan kedua bahan mampu digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat. Caranya, ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker yogurt dan madu

Dalam Yogurt terdapat kandungan bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Caranya, campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

7. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker lemon

Buah Lemon mengandung asam askorbat-L yang dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah yang berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dapat mencerahkan wajah kamu dan menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya, ambil 1 buah lemon, potong menjadi dua bagian lalu peras. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya.

8. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki efek dan khasiat yang hampir sama dengan buah lemon. Caranya, potong jeruk nipis jadi dua bagian, lalu peras. Campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

9. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker pisang dan kunyit

Buah pisang mengandung banyak antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut akan lembabkan dan mencerahkan wajah . Kandungan Lektin yang ada pada pisang juga dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat untuk mengobati kulit wajah yang meradang. Caranya, haluskan 1 buah pisang, lalu tambahkan 1/2 sdm bubuk kunyit dan 1/2 sdm soda kue Aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk memakai pelembap setelah memakai masker ini, jika kamu merasakan wajah menjadi kering.

10. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker bawang putih

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur Bawang putih juga dapat membantu menghilangkan peradangan pada kulit. Karena bawang putih memiliki fungsi sebagai anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik, sehingga mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Bawang putih juga mengandung zat sulfur yang ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Adapun cara yang pertama yakni, siapkan 1 siung bawang. Potong menjadi menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kemudian, siapkan 1 siung bawang. Lalu tumbuk hingga halus Aplikasikan pada wajah yang bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

11. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker tomat

Buah Tomat mengandung banyak vitamin A dan C, yang ampuh dan manjur untuk membasmi jerawat yang membandel. Ada dua cara menggunakan tomat sebagai masker. Cara yang pertama, iris tipis-tipis tomat lalu tutupi wajah dengan irisan tomat. Kemudian, cara yang kedua, blender 1 buah tomat lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

12. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker lidah buaya

Daun Lidah buaya mengandung senyawa aktif, yaitu polifenol. Polifenol berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya, iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pun akan berangsur hilang.

13. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker mentimun

Mentimun mengandung kadar air yang tinggi juga terdapat vitamin A,B, dan C. Juga memiliki kandungan mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Karena itu mentimun bisa digunakan untuk membasmi jerawat membandel. Cara Pengaplikasiannya hampir sama dengan tomat. Cara yang pertama, iris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada wajah. Sedangkan cara yang kedua, blender 1 buah mentimun sampai menjadi jus. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

14. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker kulit jeruk

Selain daging buah jeruk, kulit jeruk ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kulit jeruk mengandung vitamin A dan C, flavonoid, dan antiokasidan yang tinggi serta tinggi akan serat. Jadi kulit jeruk mampu mengecilkan pori-pori yang terbuka, menghilangkan noda dan juga menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga dapat menyegarkan dan mencerahkan kembali kulit yang kusam. Caranya mudah saja, keringkan terlebih dahulu kulit jeruk di bawah sinar matahari. Setelah benar-benar kering, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air secukupnya. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

15. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker putih telur

Pada putih telur terkandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga mengecilkan pori-pori kulit serta mampu mengurangi minyak berlebihan yang merupakan penyebab jerawat. Untuk mengatasi bau putih telur yang sedikit amis. Kamu boleh menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon. Caranya mudah saja, ambil sebutir telur lalu pisahkan kuning dan putihnya. Kocok putih telur hingga mengembang, lalu campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

16. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker pepaya

Enzim papain yang terdapat pada pepaya dapat membantu mengikis sel kulit mati sedangkan aktioksidannya dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit yang kemerahan akibat jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit. Caranya cukup praktis, bersihkan pepaya dan potong dadu. Haluskan pepaya hingga menjadi bubur. Kamu bisa menambahkan 1 sdm madu atau lemon. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

17. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker daun pepaya

Tidak hanya dagingnya, ternyata daun pepaya yang terkenal pahit ini pun dapat menjadi alternatid lain untuk menghilangkan jerawat membandel. Senyawa kaprpain yang terkandung dalam daun pepaya mampu untuk membunuh mikro organisme pada kulit. Caranya mudah saja, ambil 4 lembar daun pepaya. Keringkan dengan menggunakan sinar matahari. Kemudian tumbuk daun pepaya hingga halus. Campur dengan air sampai menjadi pasta. Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.Begitulah cara-cara alami untuk menghilangkan jerawat yang membandel.Namun hal yang perlu diperhatikan, jangan berharap hal ini bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 3 hari atau waktu yang singkat. kamu harus tekun dan bersabar melakukan perawatan ini. Semoga bermanfaat.

18. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit serta menghilangkan jerawat dan bekasnya. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu mengiris kentang tipis-tipis lalu tempelkan pada area bekas jerawat dan biarkan selama 10 menit. Jika sudah, cuci wajah dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

19. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan bawang merah

Selain kentang, kamu juga bisa memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi jerawat dalam satu hari. Bawang merah mengandung antimicrobial yang berkhasiat melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit. Caranya mudah, kamu hanya perlu memarut dan menghaluskan bawang, lalu oleskan ke bagian jerawat dan bekasnya selama 5 menit. Setelahnya, segera bilas wajah dengan air bersih.

20. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan teh hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang berfungsi membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit acne prone. Cara penggunaannya cukup mudah, pertama rebus daun teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit setelah rebusan dingin, oleskan air tersebut ke wajah menggunakan kapas dan diamkan selama 10 menit ataukemudian bilas wajah dengan air.

21. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan kayu manis

Bubuk kayu manis mengandung manfaat meredakan iritasi pada kulit salah satunya jerawat. Selain itu kayu manis juga dapat mengangkat sel kulit mati dan menutrisinya sehingga wajah terlihat lebih cerah dan bekas jerawat perlahan tersamarkan.

22. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan yang juga berkhasiat dalam mengatasi jerawat. Caranya cukup praktis, gunakan kapas untuk menerapakan minyak kelapa kepada wajah, diamkan 10-15 menit. Lalu bilas menggunakan air. Usahakan minyak kelapa yang digunakan adalah minyak kelapa murni.

23. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan bubuk kunyit

Kunyit mengandung curcumin, antioksidan alami dan anti-inflamasi yang mengurangi bekas luka dan kulit menjadi gelap. Serta memiliki sifat antiseptik yang membantu mengurangi jerawat juga. Gunakan bubuk kunyit dengan madu atau susu, lalu aplikasikan pada wajahmu.

24. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan bawang putih

Bawang putih diyakini mampu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri termasuk untuk menghilangkan jerawat. Kamu dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian, untuk mendapatkan manfaatnya. Sebaiknya, kamu tidak mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena dapat menyebabkan iritasi. 

25. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan air mineral

Terakhir, cara alami untuk menghilangkan jerawat ialah dengan rajin mengonsumsi air mineral. Sebab, cairan tubuh yang cukup akan membantu proses penyembuhan di kulit berjalan lebih cepat, dan mengurangi risiko munculnya jerawat baru. Jika kulit sampai kering karena kekurangan cairan, maka kulit akan mudah iritasi, sehingga jerawat pun akan lebih mudah muncul.