Sukses

Beauty

Cara Diet OCD yang Benar dengan Cepat

Ada banyak jenis Diet ada diet alkaline, diet paleo, diet mayo, diet dukan, diet 5:2 dan yang lainnya. OCD adalah sejenis program diet yang terkenal dan dipopulerkan oleh artis asal Indonesia. OCD adalah kependekan dari Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) yang dipopulerkan dan dikenalkan oleh Deddy Corbuzier, mentalist Indonesia. Diet ini mulai diperkenalkan pada tahun 2013 yang silam dan banyak menuai kontra, tapi ternyata sekarang ini semakin banyak orang yang menjalankan diet OCD dan memberikan testimoni yang positif tentang program diet OCD ini.

Karena banyak testimoni atas keberhasilan yang diraih oleh para penganut diet OCD, dan fakta dari seorang artis yaitu Deddy sendiri, kini diet OCD menjadi terkenal dan menjamur di seluruh nusantara. Deddy menjelaskan bahwa dengan menjalankan diet OCD yang telah dia ciptakan ini sama saja dengan menjalankan puasa. Bedanya jika berpuasa untuk menambah pahala, sedangkan menjalankan diet OCD untuk menurunkan berat badan.

Diet OCD unik bila dibandingkan dengan jenis diet terkenal lainnya. Bila biasanya diet adalah menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi dan jatah makan, sedangkan diet OCD adalah kebalikannya. Pada waktu tertentu, Anda tetap diperbolehkan makan sesuka hati namun tetap dalam batas normal (tidak makan berlebihan).

Dalam ebook yang berisi tentang cara menjalankan diet OCD, ada sebutan khas yang digunakan untuk melabeli penerapan diet OCD, yaitu Jendela Makan. Jendela makan adalah istilah yang mengacu pada pengaturan kapan waktunya Anda diperbolehkan makan dalam jangka waktu tertentu. Supaya Anda tidak bingung membayangkan bagaimanakah cara menjalankan diet OCD, Langsung saja simak bagaimana cara diet OCD yang benar di bawah ini.

 

Cara diet OCD

1. Jendela makan pertama

Pada jendela makan yang pertama: Anda mempunyai waktu makan selama 8 jam lalu dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam.

Contohnya begini :

  1. Pada pukul 10 pagi Anda mulai makan , maka selama 8 jam ke depan, tepatnya hingga pukul 6 sore, Anda masih boleh memakan apapun .
  2. Sisa 16 jam selanjutnya, Anda harus berpuasa. Anda hanya perlu melakukan puasa makan. Anda masih diperbolehkan minum, tapi hanya meminum air putih saja, tidak boleh minum minuman yang lain.
  3. Namun ingatlah bahwa Anda boleh makan semau Anda namun masih dalam batas kewajaran, tidak boleh makan berlebihan.
  4. Jendela makan pertama ini bisa digunakan sebagai cara diet OCD untuk pemula. Lakukanlah sampai tubuh menyesuaikan diri setelah itu barulah menjalankan diet tingkat selanjutnya.

 

2. Jendela makan kedua

Jendela makan kedua ini Anda memiliki waktu bebas makan 6 jam sedangkan sisa 18 jam berikutnya Anda harus berpuasa.

Misalnya: pukul 11 siang Anda mulai makan ,maka waktu makan berakhir pada pukul 5 sore dan sisanya harus berpuasa.

Untuk Anda yang telah terbiasa dengan jendela makan pertama dan merasa sulit melakukan jendela makan kedua janganlah khawatir, Anda bisa menggabungkannya.

Contoh: Dalam waktu satu minggu Anda menjalankan jendela makan pertama selama 6 hari, sisanya 1 hari menjalankan jendela makan kedua. Teruslah melakukan peningkatan supaya tubuh Anda bisa menyesuaikan dengan jendela makan kedua.

 

3. Jendela makan ketiga

Semakin tinggi tingkatannya maka waktu untuk makan Anda semakin terbatas. Diet OCD level tiga ini hanya mengijinkan Anda makan selama 4 jam saja lalu sisanya 20 jam lagi, Anda harus berpuasa.

Misalkan pukul 11 siang Anda mulai makan, selanjutnya Anda diperbolehkan makan hingga pukul 3 sore, lalu dilanjutkan dengan 20 jam berpuasa.

Apakah Anda masih belum mampu untuk menjalankannya? Anda boleh menggabungkannya dengan 2 level jendela makan sebelumnya. Anda bisa melakukannya bertingkat.

Contoh :

Mulai dari Senin sampai Kamis, Anda menjalankan jendela makan pertama, hari Jumat dan Sabtu menjalankan jendela makan kedua, lalu pada hari Minggu menjalankan jendela makan ketiga.

Atau Anda bisa menggabungkannya secara bergantian, seperti berikut :

  1. Hari ini: jendela makan pertama.
  2. Besok: jendela makan kedua.
  3. Lusa: jendela makan ketiga.

Ingatlah untuk meningkatkan intensitas jendela makan ketiga supaya tubuh Anda bisa menyesuaikan.

 

4. Jendela makan keempat

Jendela makan terakhir ini sepertinya mengerikan karena Anda harus berpuasa 24 jam. Tapi tenang saja, maksudnya bukanlah Anda tidak boleh makan sama sekali, tapi hanya diperbolehkan makan sekali saja dalam sehari dan kapan waktu makannya terserah Anda. Misalkan pukul 11 siang Anda makan, maka Anda boleh makan lagi pukul 11 siang pada esok harinya.

Memang tampaknya ekstrim, tapi ingatlah, Anda boleh menggabungkannya dengan 3 level jendela makan yang lainnya.

Sekarang Anda telah mengetahui tingkatan OCD, mari simak juga tips diet OCD supaya bisa sukses dan hasilnya terlihat nyata.

 

Tips cara diet OCD

1. Menghindari sarapan

Memang kedengarannya aneh dan lucu. Berbeda dengan diet lain yang menyarankan untuk tidak melewatkan sarapan, tapi diet OCD malah sebaliknya. Menurut Deddy sarapan hanya menambah insulin yang akan menyebabkan Anda mengantuk. Sebaiknya Anda Mulai makan 3-4 jam sesudah Anda terbangun dari tidur.

 

2. Tidak makan berlebihan

Memang benar dalam diet OCD tidak ada pantangan. Tapi hal itu janganlah membuat Anda jadi kalap makan. Makanlah sesuai dengan porsi Anda biasanya. Misalnya: biasanya porsi makan Anda adalah 1 piring, maka teruslah makan 1 piring saja.

 

3. Panduan diet OCD untuk pemula

Bila Anda seorang pemula, jangan langsung memulai dengan level susah. Lakukan dulu yang mudah. Mulailah dengan melakukan jendela maka pertama selama 1 minggu, kemudian pada minggu berikutnya jika tubuh telah terbiasa atau beradaptasi tingkatkan pada jendela makan kedua. Jika berhasil, pada minggu ketiga mulai terapkan jendela makan ketiga. Nah, pada minggu ke empat bukan berarti Anda harus menerapkan jendela makan keempat setiap hari. Selingi jendela makan ketiga dengan jendela makan keempat.

 

4. Berolahraga rutin

Melakukan diet tidak berarti Anda boleh bermalas-malasan. Dengan rutin melakukan olahraga selama melakukan diet OCD, maka berat badan ideal atau bentuk tubuh ideal yang Anda idam-idamkan bisa segera terwujud. Anda Tidak harus melakukan olahraga yang terlalu berat dan menyiksa, dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging, sit-up, dan push-up, itu sudah cukup.

 

Memang kelihatannya Diet OCD itu mudah dan berbeda dengan jenis diet yang lain. Tapi melakukan diet tanpa komitmen tinggi adalah sia-sia. Sebab itu, lakukan diet ini dengan komitmen tinggi dan dengan cara yang benar, diet OCD yang Anda lakukan ini bisa berhasil. Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading