Sukses

Beauty

21 Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah Secara Alami dan Cepat

Memiliki wajah yang berminyak kadang bisa membuat kita kurang percaya diri. Selain pada saat berswafoto wajah akan terlihat mengkilap, dengan melakukan perawatan yang salah, kulit wajah yang berminyak bisa menyebabkan timbulnya jerawat juga wajah yang kusam. Sebenarnya minyak memang dihasilkan oleh kulit. Tapi pada beberapa orang tertentu, ada kulit yang memproduksi minyak secara berlebihan sehingga wajah akan terus terlihat mengkilap berminyak.

Cara mengatasi kulit wajah berminyak

Ada banyak jenis kulit wajah. Ada jenis: kulit kering, kulit normal, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Tiap jenis kulit membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Semua jeni memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda termasuk orang yang memang sudah dari lahir memiliki kulit wajah berminyak, maka Anda tidak perlu cemas karena ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda. Tapi bagi Anda yang biasanya memiliki kulit wajah normal atau kering tapi kemudian menjadi berminyak, tentu ada faktor yang berubah pada wajah Anda.

 

Penyebab kulit wajah berminyak

1. Cuaca

Adanya pergantian cuaca juga akan menyebabkan kulit wajah jadi berminyak. Pada musim kemarau yang panas, mungkin saja kulit akan memproduksi minyak berlebihan.

 

2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak

Bila Anda mengonsumsi makanan yang berlemak secara berlebihan bisa menimbulkan akibat, yaitu produksi minyak pada kulit akan terganggu hingga menyebabkan produksi minyak menjadi berlebihan akibatnya kulit wajah Anda menjadi berminyak.

 

3. Memakai produk kecantikan yang salah

Saat memakai produk kecantikan seperti: pelembap, bedak, dan lain-lainnya sebaiknya Anda sesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Jika Anda Memakai produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah Anda akan menimbulkan penolakan oleh kulit wajah Anda dengan efek menghasilkan minyak berlebihan.

 

4. Perubahan hormon

Pada saat kulit wajah Anda berubah menjadi berminyak dari semula yang biasanya kering atau normal, hal itu bisa jadi karena sedang terjadi perubahan hormon dalam tubuh Anda. Kemungkinan saja karena Anda sedang stres atau bagi perempuan sedang dalam masa pra menstruasi.

Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, dibutuhkan perawatan khusus setiap saat. Selain berakibat pada wajah yang terlihat mengkilap dan kusam, bagi perempuan yang hobi memakai make-up, akan mengakibatkan make-up jadi luntur, yang disebabkan kulit memproduksi minyak yang berlebihan pada wajah. Ada bermacam cara yang bisa Anda aplikasikan untuk menghilangkan minyak di wajah Anda.

 

Cara menghilangkan minyak di wajah

1. Rajin membersihkan wajah

Ini adalah hal yang paling mudah dilakukan, tapi banyak orang yang malas dan tidak membersihkan wajahnya secara rutin. Bila wajah Anda jenis yang berminyak, bersihkanlah wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang cocok sesuai dengan tipe wajah berminyak sebanyak dua kali sehari. Yaitu sebelum beraktifitas dan sebelum istirahat malam.

 

2. Memakai produk pembersih wajah yang tepat

Bagi Anda yang menggunakan sabun untuk membersihkan wajah, hindari menggunakan sabun dengan terlalu banyak busa atau yang menggunakan bahan deterjen. Carilah produk pembersih wajah yang memang khusus untuk wajah berminyak.

 

3. Selalu membersihkan make-up dengan bersih

Setiap kali Anda selesai memakai make-up, pastikan Anda telah membersihkannya sampai benar-benar bersih. Tujuannya supaya make-up yang menempel pada wajah tidak akan menyebabkan masalah kulit lain pada wajah Anda.

 

4. Membersihkan wajah menggunakan air hangat

Dengan menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah berminyak akan mampu membuka pori-pori kulit wajah sehingga akan membuat minyak pada wajah berkurang secara signifikan.

 

5. Minyak Jojoba

Mengapa menggunakan minyak untuk membersihkan wajah yang juga berminyak? Sepertinya kedengaran aneh, tapi ternyata minyak jojoba bisa berfungsi untuk merawat wajah berminyak dan mengurangi minyak pada wajah. Selain itu, juga dapat berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan komedo.

Caranya:

  1. Aplikasikan minyak jojoba pada wajah.
  2. Diamkan selama 15 menit.
  3. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

 

6. Lidah buaya

Di dalam lidah buaya terdapat zat yang bisa menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan wajah menjadi gelap, yaitu aloesin. karena itulah banyak produk pencerah wajah yang menggunakan lidah buaya dalam komposisinya. Selain bisa mencerahkan, lidah buaya juga mampu untuk menyerap minyak yang berlebih pada wajah dan mengecilkan pori-pori wajah sehingga mengurangi produksi minyak secara berlebihan.

Caranya pun mudah saja:

  1. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.
  2. Lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda.
  3. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

7. Baking soda

Selain biasa digunakan untuk membuat kue dan roti. Baking soda juga berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit.

Caranya:

  1. Buat pasta dengan menggunakan baking soda.
  2. Lalu oleskan pada wajah secara merata.

 

8. Cuka apel

Cuka apel memang terasa asam, tapi sifat asam ini mampu membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berguna sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya:

  1. Campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air.
  2. Lalu gunakan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

 

9. Madu

Madu adalah pelembap alami wajah yang juga bisa mencerahkan kulit karena banyak mengandung anti-oksidan dan bisa mengangkat kulit mati.

Caranya:

  1. Ambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah.
  2. Diamkan selama 30 menit.
  3. Lalu bilas dengan air bersih.

 

10. Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak anti-oksidan yang berguna dan penting untuk menjaga wajah dari radikal bebas yang bisa memberikan akibat buruk bagi kesehatan internal maupun eksternal terutama bagi kulit Anda.

Caranya:

  1. Masak oatmeal dan air sampai mendidih dan menjadi bubur.
  2. Tunggu sampai bubur oatmeal dingin.
  3. Lalu jadikan sebagai lulur pada wajah.
  4. Anda bisa menambahkan madu juga pada bubur oatmeal tersebut.

 

11. Jeruk nipis dan putih telur

Jeruk nipis mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Yang bermanfaat untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mengatasi minyak berlebih, mencerahkan wajah, dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan putih telur berfungsi untuk mengenyalkan wajah Anda dan juga untuk mencerahkan kulit wajah karena mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami ini mudah saja :

  1. Pisahkan putih telur dari kuning-nya.
  2. Peras 1 buah jeruk nipis, lalu ambil airnya.
  3. Campur kedua bahan diatas menjadi satu.
  4. Gunakan sebagai masker wajah agar wajah Anda terlihat cerah dan berseri.

 

12. Lemon

Lemon juga merupakan jenis buah jeruk yang mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu dalam buah lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

Caranya :

  1. Peras buah lemon, lalu ambil airnya.
  2. Oleskan air perasan lemon pada wajah Anda.
  3. Melakukan perawatan ini akan membuat minyak pada wajah akan berkurang.

 

13. Apel

Apel mengandung anti-septik yang berguna untuk mengelupas sel kulit sehingga minyak yang terdapat pada wajah akan hilang atau berkurang.

Caranya adalah :

  1. Parut buah apel sampai halus.
  2. Gunakan hasil parutan sebagai masker pada wajah.

 

14. Alpukat

Buah Alpukat mempunya manfaat melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini. Karena alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal

 

15. Pisang

Buah Pisang mengandung banyak vitamin C dan efektif digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Caranya mudah saja :

  1. Kupas buah pisang, lalu haluskan.
  2. Tambahkan 1 sdm madu.Campur hingga rata.
  3. Lalu oleskan pada wajah.

 

16. Mentimun

Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah, sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga bermanfaat untuk menghambat pigmentasi kulit serta untuk menghilangkan lingkar mata hitam Anda dan juga mentimun bisa menyerap minyak yang berlebih pada wajah.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah:

  1. Iris mentimun tipis-tipis.
  2. Lalu tempelkan pada seluruh wajah.
  3. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

 

17. Tomat

Dalam buah tomat terdapat senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terbukti mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat menjadikan wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak. Tomat juga dapat dimanfaatkan menjadi tabir surya alami untuk mengurangi kerusakan yang diakibatkan sinar UV dari matahari.

Cara penggunaannya adalah:

  1. Tumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur
  2. Lalu oleskan pada wajah.
  3. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

18. Bengkoang

Produk-produk kecantikan banyak yang menggunakan bengkoang sebagai pemutih. tapi tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pemutih, bengkoang juga bisa digunakan sebagai cara efektif untuk menghilangkan minyak di wajah. Sebab bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berperan penting untuk menyegarkan wajah.

Caranya mudah saja:

  1. Parut bengkoang, lalu peras dengan menggunakan air.
  2. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami.

 

19. Almond

Almond selain berguna untuk mengelupas sel kulit mati, juga mampu untuk mengurangi minyak berlebih terutama pada wajah Anda.

Caranya adalah:

  1. Tumbuk halus 2 biji almond, lalu tambahkan 2 sdt madu.
  2. Oleskan merata pada wajah.

 

20. Susu

Di dalam wajah terdapat kolagen yang berfungsi menjad agar kulit tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu juga memiliki kandungan vitamin D yang mampu untuk meningkatkan produksi kolagen dan vitamin B6 yang berperan untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap sekaligus tidak berminyak.

Caranya adalah:

  1. Campurlah 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu.
  2. Jadikan sebagai masker wajah.
  3. Dan diamkan selama 30 menit.

 

21. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu. Karena itu, yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah dehidrasi, sedangkan zinc berguna untuk membantu mengatasi masalah kulit pada wajah. Juga terdapat vitamin B kompleks yang mampu menyehatkan wajah Anda dan membuatnya menjadi bersinar alami.

Caranya:

  1. Sediakan yogurt segar tanpa rasa.
  2. Lalu gunakan sebagai masker pada wajah Anda.

Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak

1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid mampu menjaga kadar air dan minyak di kulit tetap seimbang, membuat kulit tetap lembap dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus. Kandungan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini, seperti menjaga elastisitas kulit, mengurangi kerutan, menyamarkan garis halus dan membantu mencerahkan kantong mata yang gelap.

2. Niacinamide

Kulit berminyak juga dapat dirawat dengan menggunakan kandungan niacinamide. Kandungan ini merupakan turunan dari vitamin B3, yang bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah dan membuat wajah tidak kusam. Kulit berminyak bisa menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Kandungan ini bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat di wajah.

3. Salicylic Acid

Kandungan yang cukup popular untuk mengontrol minyak di wajah adalah salicylic acid. Kandungan ini termasuk BHA yang sering direkomendasikan oleh ahli kulit, untuk membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah. Tak hanya mengatasi jerawat, ternyata kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading