Ciri Produk Kosmetik Palsu yang Patut Diwaspadai

fitriandiani27 Des 2018, 10:00 WIB
Sederet Artis Indonesia yang Luncurkan Brand Kosmetik

Fimela.com, Jakarta Varian kosmetik semakin banyak beredar di pasaran. Para konsumen jadi punya banyak opsi dan bisa pilih mana saja yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantong kita. Tapi, tetap harus waspada.

Banyak kosmetik murah dan bagus yang bisa diandalkan, tapi tak sedikit juga yang berkualitas buruk bahkan palsu atau oplosan, alias dibuat dengan bahan yang tidak terjamin keamanannya.

Untuk itu, ketahuilah ciri kosmetik palsu yang patut diwaspadai. Di antaranya sebagai berikut:

1. Tidak ada izin BPOM

Produk yang sudah mendapat sertifikasi dari BPOM biasa mencantumkan nomor seri yang terdaftar di lembaga tersebut pada kemasannya. Jika tidak ada, kamu bisa cek di situs resmi BPOM apakah produk tersebut sudah terdaftar atau belum.

2. Tidak mencantumkan alamat kantor atau pabrik

Produk yang sudah terdaftar di BPOM tentunya memiliki kantor atau pabrik yang jelas. Jika dicari lewat mesin pencarian, info tentang produsen pun bisa didapat dengan mudah walau sedikit. Jika tidak, maka produk kosmetik tersebut patut diwaspadai.

 

3. Tidak ada keterangan kandungan bahannya

makeup
Ilustrasi kosmetik. (Foto: unsplash)

Keterangan bahan yang terkandung dalam produk merupakan hak konsumen yang harus dipenuhi. Jika tidak, konsumen berhak menanyakannya ke layanan konsumen produk terkait atau melalui situs BPOM. Namun, baiknya memang tidak menggunakan produk tanpa mengetahui dengan jelas apa isi di dalamnya.

4. Memiliki warna dan bau yang tak wajar

Biasanya produk yang demikian mengandung merkuri, senyama logam yang tidak seharusnya ada di kulit karena bisa memicu berbagai penyakit dalam jangka panjang seperti kanker. Baunya menyengat, produk kosmetik palsu biasanya menggunakan parfum untuk menutupi bau si merkuri tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓