5 Manfaat Mengejutkan Labu untuk Rutinitas Kecantikan Sehari-hari, Pernah Coba?

Annissa Wulan27 Des 2018, 20:30 WIB
Ilustrasi labu

Fimela.com, Jakarta Tidak perlu ditanya lagi, labu memang dikenal sebagai bahan makanan yang lezat. Namun, tahukah bahwa labu juga dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan sehari- hari?

Labu kaya akan kandungan vitamin A, K, C, dan mineral, seperti seng, tembaga, magnesium, dan kalium, nutrisi yang dapat melembapkan kulit kering, dan merangsang pertumbuhan rambut. Beta karoten, jenis antioksidan yang memberi warna cerah pada labu akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh, memberi lapisan perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari.

Dilansir dari huffpost.com, Kamis (27/12/2018), berikut ini adalah beberapa manfaat mengejutkan dari labu untuk rutinitas kecantikan sehari-hari. Penasaran apa saja?

1. Kondisioner rambut

Masker rambut dari labu dapat mengembalikan kelembapan rambut, membuatnya lebih bersinar. Campurkan satu cangkir labu, setengah cangkir yogurt, dan dua sendok makan madu ke dalam sebuah mangkuk.

Aduk rata, lalu oleskan ke rambut dari akar hingga ke ujungnya. Tutup kepala dengan topi mandi dan diamkan selama 15 hingga 20 menit, lanjutkan dengan menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasa.

2. Pelembap tubuh

Labu, minyak kelapa, dan bubuk kayu manis dapat menjadi kunci kelembapan tubuh, terutama saat cuaca dingin. Aplikasikan campuran labu ini saat mandi dan bilas dengan air hangat.

 

Masker wajah, facial peel, dan lulur pengelupasan

Ilustrasi labu
Ilustrasi labu. Sumber foto: unsplash.com/Matthew Pla.

3. Masker wajah

Campurkan satu cangkir labu, dua sendok makan gula merah, satu sendok makan madu, dan setengah cangkir yogurt. Campuran masker ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit wajah.

Oleskan tipis-tipis dengan ujung jari, biarkan selama delapan hingga sepuluh menit. Gula merah dan yogurt dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati, sedangkan madu adalah humektan yang menyerap air dari udara dan secara alami melembapkan kulit.

4. Facial peel

Labu sangat sempurna untuk menyembuhkan dan melindungi kulit. Tambahkan sari apel atau perasan buah cranberry ke dalam campuran labu, telur, dan madu untuk mendapatkan efek astringen.

5. Lulur pengelupasan

Untuk perawatan seluruh tubuh, gunakan labu murni dan gula merah. Dengan kain yang lembap, gosok kulit dengan gerakan memutar untuk merangsang kelenjar getah bening, membantu mengeringkan racun dari tubuh, dan akhiri dengan mandi air hangat.

Lanjutkan Membaca ↓