Sukses

Beauty

Panduan Melakukan Eksfoliasi untuk Si Kulit Gelap

Fimela.com, Jakarta Melakukan eksfoliasi secara rutin memiliki manfaat jangka panjang. Tidak hanya mempercepat proses pergantian sel alami kulit, namun juga cara terbaik untuk memerangi beberapa masalah kulit yang umum, seperti jerawat atau perubahan warna.

Tingkat efektivitas eksfoliasi memang tergantung pada jenis kulit dan pilihan gaya hidup, namun ada tips memilih eksfoliasi terbaik untuk si kulit gelap, seperti dilansir dari stylecaster.com, Sabtu (29/12/2018). Penasaran?

1. Masalah utama

Kulit gelap biasanya memiliki beberapa masalah paling menonjol, seperti warna kulit tidak merata, hiperpigmentasi, dan perubahan tekstur. Melanin pada kulit gelap memiliki melanosit yang lebih reaktif.

Melanosit adalah sel-sel yang membuat pigmen. Setiap iritasi dan jerawat yang terjadi akan mengaktifkan melanosit tersebut dan menghasilkan bintik hitam.

Ya, walaupun warna kulit yang terang juga memiliki bintik- bintik hitam, masalah kulit yang satu ini akan lebih menonjol pada kulit gelap. Eksfoliasi kimia yang dilakukan secara rutin dapat mengatasi masalah perubahan warna kulit ini.

 

 

Asam yang ramah untuk si kulit gelap

2. Asam yang ramah untuk si kulit gelap

Para ahli menyarankan untuk melakukan eksfoliasi yang lebih lembut bagi si kulit gelap, untuk mengurangi risiko iritasi berlebih dan akhirnya menyebabkan munculnya bintik hitam. Salah satu bahan eksfoliasi terbaik bagi si kulit gelap adalah asam glikolat, karena dapat melakukan pengelupasan, tanpa mengeringkan kulit.

Asam glikolat juga merupakan humektan yang luar biasa, karena dapat membantu kulit untuk mempertahankan kelembapan setelah proses pembersihan. Asam glikolat juga merupakan pilihan pembersihan yang ideal untuk kulit bermminyak.

Bahan lainnya adalah asam kojic, asam linoleat, dan asam sitrat yang dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi tampilan kulit rusak akibat paparan sinar matahari. Linoleat juga memiliki sifat anti inflamasi yang membantu menjaga kulit dari jerawat dan hiperpigmentasi.

Sedangkan asam hialuronat dapat membantu melembapkan kulit untuk meningkatkan tekstur kulit. Carilah produk perawatan kulit yang mengandung beberapa bahan di atas.

Aturan mengaplikasikan asam

3. Aturan mengaplikasikan asam untuk eksfoliasi

Sebagian besar asam dapat ditemukan dalam produk perawatan kulit topikal, seperti pembersih, toner, serum, dan masker. Jika ingin melakukan eksfoliasi, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter kulit.

Biasanya dokter kulit akan menggunakan aplikator, berupa spons, sikat, atau kain. Kebanyakan eksfolian kimia topikal tidak akan memiliki konsentrasi lebih dari 10%.

Ingatlah bahwa eksfoliasi harus dilakukan setelah proses pembersihan, dan sebelum mengaplikasikan pelembap. Masih bingung caranya melakukan eksfoliasi bagi si kulit gelap?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading