Jangan Salah, Ini Beda Fungsi Toner dan Essence untuk Kulit

fitriandiani02 Jan 2019, 09:00 WIB
Perbedaan Fungsi Toner dan Essence untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Banyaknya jenis skincare yang tersedia di pasaran bukan tanpa sebab. Pasalnya, setiap jenis memang memiliki fungsi yang berbeda untuk kulit walau secara kasat mata bentuknya mirip, seperti toner dan essence.

Meski sama-sama berbentuk cairan dan terlihat mirip, toner dan essence punya fungsi yang berbeda, lho. Keduanya tak bisa saling menggantikan, namun bisa saling melengkapi jika dipakai dengan benar.

Agar lebih jelas, simak penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan toner dan essence berdasarkan fungsinya, yuk!

Toner

Jika dilihat dari fungsinya, pengaplikasian toner di wajah harus selangkah lebih dulu dibanding essence. Toner dipakai setelah membersihkan wajah. Gunanya adalah untuk menyeimbangkan pH kulit yang mungkin terganggu saat mencuci wajah dengan produk pembersih.

Toner harus dipakai sebelum pengaplikasian produk skincare yang lain, karena kandungan asam dari toner lah yang bisa membuat formula dalam skincare lain terserap maksimal ke dalam kulit.

 

Essence

DIY moisturizer wajah alami buat kamu yang tergila-gila dengan skincare organik
Kalau mau memastikan skincaremu benar-benar organik, DIY saja! (Foto: unsplash.com)

Essence

Produk skincare yang satu ini adalah "vitamin" yang dibutuhkan kulit setiap hari. Essence mampu mengikat molekul air di dalam kulit sehingga kulitmu tetap terhidrasi dan jauh dari kekeringan. Gunakan essence setelah toner dan sebelum produk skincare lainnya.

Kamu bisa mengaplikasikan essence langsung dengan telapak tangan, tapi pastikan dulu tanganmu bersih. Setelah dipulas ke wajah, tepuk-tepuk pelan wajahmu agar kandungan essence cepat menyerap maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓