Manfaat Membedakan Handuk untuk Tubuh dan Wajah

Beauty Journal30 Des 2018, 09:00 WIB
Handuk

Fimela.com, Jakarta Selama ini, mungkin Sahabat Fimela sudah familiar dengan beberapa cara terbaik untuk merawat kulit wajah. Mulai dari cara mencuci wajah yang benar, frekuensi mencuci yang baik, hingga sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit. Namun, pernahkah terlintas di pikiranmu bahwa cara mengeringkan wajah selesai mencucinya dapat berpengaruh pada kesehatan kulit? Mungkin, selama ini kamu sudah terbiasa menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh dan wajah setelah mandi. Ada argumen yang menyatakan bahwa kamu harus menggunakan handuk yang terpisah untuk wajah dan bagian tubuh lainnya dengan alasan kebersihan. Lantas, perlukah kita melakukannya?

Pentingnya Memiliki Dua Handuk yang Berbeda untuk Wajah dan Tubuh

Menurut dr. Jyotisterna Mittal, seorang dokter kulit dan venereolog, kita harus memiliki dua handuk yang digunakan secara terpisah untuk wajah dan bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena kulit wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif dan rentan terhadap kondisi tertentu. Menggunakan satu handuk yang sama untuk wajah dan tubuh sama denganmu membiarkan produk yang dikenakan pada tubuh (seperti deodoran, body lotion, dan produk rambut) berpindah ke wajah kamu. Tak hanya itu saja, minyak alami yang berasal dari tubuh atau rambut juga secara otomatis dapat ditransfer ke wajahmu, lho!

Nah, rupanya hal-hal inilah yang nantinya memicu pertumbuhan jerawat pada kulit wajah akibat pori-pori yang tersumbat oleh substansi tersebut. Bahkan, tidak jarang pula kotoran dan minyak tersebut dapat menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan. Alasan lainnya yaitu tidak menutup kemungkinan adalah adanya bakteri dan jamur yang tersembunyi di bagian area tubuh lainnya, seperti alat kelamin, kaki, dan ketiak, yang juga akan berpindah ke kulit wajah dan membuat “keonaran” di sana.

Baca Juga: Hati-Hati! Kesalahan Mencuci Wajah Berikut Dapat Menyebabkan Kulit kamu Cepat Menua!

Ganti Handuk Setelah Tiga Kali Pemakaian

Selain memiliki dua handuk yang terpisah untuk digunakan pada wajah dan tubuh, memastikan handuk yang kamu gunakan tetap bersih juga tidak kalah pentingnya, lho. Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa handuk yang digunakan disimpan di tempat yang membuatnya tetap kering, bukan malah menjadi lembap. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bakteri dan jamur akan melambat ketika handuk bekas pakai mulai mengering.

Baca Juga: Mengeringkan Kulit Wajah, Lebih Baik dengan Handuk atau Dibiarkan Kering dengan Sendirinya?

Menurut Kelly A. Reynolds, Ph.D., seorang profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Arizona, handuk yang digunakan setelah mandi dan digantung untuk dikeringkan hanya dapat digunakan hingga maksimal tiga kali. Setelah itu, harus segera menggantinya dengan handuk baru yang bersih. Hal ini untuk mencegah berkembangnya bakteri dan jamur, serta penumpukan sel-sel kulit mati, minyak dan kotoran lainnya yang terkumpul pada handuk bekas pakai.

Nah, kini sudah tahu kan betapa pentingnya memiliki dua handuk yang berbeda untuk digunakan pada wajah dan tubuh? Jangan lupa pula untuk rajin mengganti handuk maksimal setelah tiga kali pemakaian agar kebersihan kulit tetap terjaga. Tak hanya itu saja, sebaiknya keringkan pula wajah dengan lembut sambil ditepuk perlahan menggunakan handuk khusus wajah dan hindari menggosoknya guna meminimalisir terjadinya iritasi kulit.

Baca juga: Hati-Hati! Kesalahan Mencuci Wajah Berikut dapat Menyebabkan Kulitmu Cepat Menua!