Rekomendasi 5 Pelembap Wajah untuk Para Pengidap Rosacea

Beauty Journal29 Des 2018, 13:05 WIB
Skincare/mlg

Fimela.com, Jakarta Rosacea merupakan kondisi kulit kemerahan serta pembuluh darah yang terlihat jelas pada area tengah wajah, meliputi hidung, pipi, dagu, serta dahi. Umumnya, kondisi ini ditemukan pada wanita berusia 30 tahun ke atas dan kerap dialami oleh pemilik kulit berawarna terang. Meskipun gejala rosacea dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu, namun tetap saja dibutuhkan perawatan khusus agar tidak semakin parah. Dilansir dari Byrdie, tiga orang pakar kesehatan kulit; yakni Jennifer Herrmann, Joshua Zeichner, dan Dendy Engelman, ketiganya merekomendasikan produk pelembap yang pas untuk para pemilik pengidap rosacea. Apa saja?

Baca juga: Mengenal Rosacea, Kondisi Kulit yang Ditkamui dengan Munculnya Kemerahan di Wajah

1. Aveeno Ultra-Calming Daily Moisturizer for Sensitive Skin SPF 15

Aveeno Ultra-Calming Daily Moisturizer for Sensitive Skin SPF 15 adalah salah satu produk yang direkomendasikan oleh Joshua Zeichner. Pelembap ini diperkaya dengan kandungan eksklusif calming feverfew® dan ultra-calming® yang akan membantu menenangkan sekaligus meredakan kulit yang teritasi, memerah, atau sensitif dalam waktu satu minggu saja. Selain itu, Zeichner juga menyatakan bahwa produk ini menggunakan kandungan mineral sunscreen yang lebih aman untuk kulit sensitif.

Baca juga: Mulai dari Gejala Hingga Cara Penanganan, Berikut Beberapa Hal yang Perlu kamu Ketahui Tentang Eczema

2. La Roche-Posay Rosaliac Anti-Redness Intense

Dalam pemilihan produk untuk kulit rosacea, Zeichner juga menyebutkan bahwa bisa memilih moisturizer dengan kandungan botanical extracts yang bersifat menenangkan untuk membantu meredakan kemerahan. Nah, salah satu produk favoritnya datang dari brand La Roche-Posay yang mengandung ambophenol untuk meredakan kemerahan, yaitu La Roche-Posay Rosaliac Anti-Redness Intense. Meskipun sebenarnya produk ini adalah serum, kemampuan melembapkannya yang secara spesifik untuk mengurangi kemerahan membuatnya berhasil masuk ke dalam produk rekomendasi Zeichner.

3. Avène Antirougeurs Day Redness Relief Soothing Cream SPF 25

Selain La Roche-Posay, satu brand perawatan kulit dari Prancis lainnya yang juga direkomendasikan untuk kulit rosacea adalah Avène. Menurut Jennifer Herrmann, Avène Antirougeurs Day Redness Relief Soothing Cream SPF 25 merupakan salah satu produk pelembap yang tepat untu pemilik kulit dengan rosacea. Selain memiliki formulasi yang gentle, kandungan thermal spring water di dalamnya juga akan membantu menenangkan sekalaigus melembapkan kulit. Pelembap ini pun terbebas dari kandungan yang menurut Jennifer harus dihindari kulit rosacea, seperti fragrances, alkohol, withch hazel, peppermint oil, retinol, serta beberapa bahan lainnya.

Baca juga: Ini Dia 5 Alasan Mengapa Thermal Water Perlu Masuk ke Dalam Rutinitas Skin Care-mu

4. Elizabeth Arden Prevage City Smart SPF50 Hydrating Shield

Hal lainnya yang harus diperhatikan pemilik kulit dengan rosacea adalah faktor lingkungan. Namun, tidak selalu bisa mengetahui kondisi lingkungan dengan tepat, itulah kenapa pemilihan skin care untuk melindungi kulit perlu diperhatikan. Kemerahan pada rosacea kerap muncul akibat faktor lingkungan, salah satunya polusi. Dengan kondisi kulit seperti ini, kamu bisa memilih produk yang tidak akan mengiritasi kulit, bersifat hypoallergenic, dan bebas parfum, seperti pelembap dari Elizabeth Arden ini yang juga memiliki kandungan anti-polusi.

5. Cetaphil Redness Relieving Daily Facial Moisturizer

Menurut Dendy Engelman, kondisi rosacea pada dasarnya tidak bisa disembuhkan, bahkan membutuhkan konsultasi dengan dermatologis atau dokter terlebih dahulu sebelum menentukan produk perawatan yang tepat. Namun, untuk tetap menjaga agar kulit tetap terawat, kamu bisa menggunakan produk over the counter (OTC) yang aman, salah satunya Cetaphil Redness Relieving Daily Facial Moisturizer. Selain bebas dari kandungan yang perlu dihindari, produk ini juga memiliki formula yang mineral-based, sehingga dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari tanpa mengiritasi kulit sensitif.

Baca juga: 5 Kandungan Pada Skin Care yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.