Perawatan dengan Kunyit Bikin Kulit Wajah Cantik Bersinar

Meita Fajriana03 Jan 2019, 19:00 WIB
Wajah

Fimela.com, Jakarta Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Dengan mencampurkannya dengan bahan alami lainnya, kamu bisa membuat masker kunyit yang bermanfaat untuk mencerahkan hingga melindungi kulit dari kerusakan.

Seperti dilansir dari situs Boldsky, Rabu (2/1), berikut empat manfaat kunyit untuk kecantikan yang jarang diketahui, serta tutorial pembuatan masker kunyit sesuai dengan permasalahan kulit wajah kamu.

1. Bikin kulit lebih cerah

Untuk mencerahkan kulit, kamu bisa mencampurkan kunyit dengan madu dan susu. Madu membantu untuk menutrisi kulit sehingga lhebi halus dan lembap. Sementara susu mengandung mineral dan vitamin yang membantu menghambat penuaan dini pada kulit dan mengecilkan pori-pori.

Cuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk membuat pori-pori wajah terbuka sehingga nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam masker kunyit lebih mudah diserap. Aplikasikan masker campuran bubuk kunyit, madu, dan susu secara menyeluruh pada wajah.

Tunggu hingga 10 menit kemudian bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit. Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu secara rutin dan lihat hasilnya wajah akan terlihat jauh lebih cerah.

2. Membuat kulit lebih bersih

Untuk membuat kulit terlihat lebih bersih, bisa mencampurkan kunyit dengan alpukat dan yoghurt. Alpukat mengandung vitamin E dan asam lemak yang menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Sementara yoghurt mengandung vitamin B dan tinggi kalsium yang melindungi kulit dari bakteri sehingga terlihat lebih bersih.

Campurkan kunyit, alpukat, dan yogurt kemudian haluskan. Pastikan wajah kamu telah bersih, kemudian aplikasikan masker ke seluruh wajah sembari pijat dengan gerakan melingkar. Tunggu selama 10 menit setelah kering, bilang dengan air dingin. Gunakan masker ini satu kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal wajah terlihat lebih bersinar.

 

Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Wajah
Wajah. (Foto: unsplash)

3. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit wajah. Untuk melindunginya, kamu dapat menggunakan masker kunyit yang dikombinasikan dengan yoghurt dan tomat. Yoghurt mendinginkan kulit setelah terkena sinar UV. Sementara tomat kaya akan antioksidan yang berfungsi sebagai sunscreen yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Campurkan kunyit, yoghurt, dan tomat lalu haluskan. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan masker ini pada seluruh wajah. Diamkan hingga 10-15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasikan masker ini setiap setelah terpapar sinar matahari untuk melindungi dari kerusakan sehingga kulit tetap terlihat lembap dan cerah.

Lanjutkan Membaca ↓