Sukses

Beauty

Ini yang Terjadi Ketika Mencukur Bulu Halus di Permukaan Wajah

Fimela.com, Jakarta Mencukur wajah bukan hanya menjadi aktivitas yang dilakukan oleh laki-laki. Banyak perempuan yang suka mencukur wajahnya untuk menghilangkan bulu-bulu halus.

Mencukur wajah dinilai menjadi cara terbaik untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dan mengeksfoliasi kulit. Namun apa yang sebenarnya terjadi pada kulit ketika mencukur wajah?

Dikutip dari The List, Jumat (4/1/2019) ada sejumlah skenario yang terjadi pada kulit ketika dicukur. Hal ini bergantung pada teknik cara mencukurnya.

1. Kulit bisa terluka

Agar selalu aman ketika mencukur lebih baik gunakan pisau cukur baru. Disarankan untuk menggunakannya dengan berhati-hati dan dilakukan oleh profesional agar terhindar dari terluka pada kulit. Lebih baik lakukan mencukur wajah setelah wajah dibersihkan.

2. Gunakan alat yang tepat

Beragam jenis cukur dirancang berdasarkan kebutuhan. Bagi perempuan, ada baiknya jika menggunakan cukur yang memang dirancang untuk mencukur wajah perempuan. Jika perempuan menggunakan cukur biasa akan membuat kulit iritiasi. Karena biasanya cukur biasa dirancang untuk mencukur permukaan kulit yang lebih keras pada laki-laki.

Namun cukur perempuan dirancang untuk pengelupasan kulit sekunder. Sementara pencukuran rambut halus hanya merupakan bonus dari manfaat produk cukur.

3. Kulit harus benar-benar siap

Membersihkan area wajah sebelum dicukur akan membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam. Disarankan juga untuk mencukur wajah di kamar mandi. Karena panas dari uap akan melembutkan rambut sehingga lebih mudah dicukur. Bisa juga gunakan krim tanpa busa untuk mempermudah pencukuran. Setelah dicukur, gunakan pembersih antiseptik pada area yang dicukur.

 

Ini yang terjadi pada kulit wajah ketika dicukur

4. Eksfoliasi kulit

Pengelupasan kulit yang terjadi ketika pencukuran merupakan proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan kulit terluar. Hasilnya kulit akan terasa halus dan lembut. Eksfoliasi kulit akan membuat produk perawatan kulit bisa bekerja lebih baik dan meminimalisir risiko timbulnya jerawat.

5. Pertumbuhan rambut yang sama

Banyak orang yang takut untuk mencukur wajah karena ketika rambut tumbuh lagi akan terlihat lebih buruk. Mencukur wajah tidak akan menambah jumlah folikel. Pertumbuhan rambut yang lebih cepat, mungkin. Namun tidak membuat rambut menjadi lebih tebal di area wajah.

6. Kulit terlihat lebih baik

Mencukur wajah akan membuat kulit menjadi lebih halus. Sehingga memungkinkan pengaplikasian makeup lebih merata. Mencukur wajah bisa menjadi teknik yang baik untuk membuat tampilan wajah lebih bercahaya.

7. Perawatan setelah dicukur

Setelah dicukur, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap. Selain itu, aplikasikan juga tabir surya untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Namun jika hendak mengaplikasikan makeup, ada baiknya jika dilakukan satu jam setelah mencukur wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading