Sukses

Beauty

Begini Cara Menggunakan Makeup Bagi Pengguna Kontak Lensa

Fimela.com, Jakarta Menggunakan kontak lensa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin terlihat memiliki mata besar dan tajam. Apalagi bagi mereka yang menggunakan kaca mata, kontak lensa sangat berperan penting untuk membantu penglihatan ketika tidak menggunakan kaca mata.

Namun, ketika menggunakan kontak lensa harus berhati-hati agar tidak terjadi iritasi pada mata. Belum lagi, kondisi mata yang mudah berair juga dapat menyebabkan makeup di area mata lebih cepat luntur. Jika tak ingin hal ini terjadi, berikut beberapa cara agar mata tidak iritasi saat menggunakan kontak lensa, dilansir vemale.com.

1. Selalu Utamakan Kebersihan

Jari, makeup tools, produk makeup, hingga kontak lensa, merupakan hal-hal yang perlu dijaga kebersihannya guna menghindari terjadinya iritasi mata. Baik dari debu maupun sisa produk skin care, pastikan jari tangan bersih sebelum mengaplikasikan kontak lensa. Sahabat Fimela juga perlu memerhatikan kebersihan produk makeup dan kuas yang digunakan. Terakhir, pastikan pula menjaga kebersihan kontak lensa dengan baik dan menyimpannya di tempat yang terbebas dari debu.

2. Hindari Produk yang Bersifat Oil-Based

Produk makeup yang memiliki sifat oil-based sebaiknya dihindari oleh pengguna kontak lensa. Minyak dalam makeup bertekstur krim biasanya cenderung licin, sehingga kemungkinan luntur dan masuk ke dalam mata pun cukup besar. Sebenarnya, kandungan minyak dalam kosmetik cenderung aman. Akan tetapi, jika terkena kontak lensa, penglihatanmu tentu saja akan menjadi buram dan terganggu.

3. Pilih Maskara dan Eyeliner yang Tidak Flaky

Untuk maskara, pilihlah yang tidak memiliki formula clumpy atau yang memiliki kandungan fiber. Dua jenis maskara tersebut mudah rontok, masuk ke dalam mata, dan berisiko terjebak di bawah kontak lensamu. Serupa dengan maskara, ada juga beberapa jenis eyeliner yang mudah terkelupas saat terhapus. Serpihan eyeliner ini ternyata juga berisiko masuk ke dalam mata serta membuatnya iritasi.

4. Gunakan Makeup Brush Berkualitas

Dalam memilih makeup brush, khususnya yang digunakan pada area mata. Pertama, kuas harus memiliki tekstur bulu yang sangat lembut guna mencegah gesekan berlebih pada kulit. Selanjutnya, pilih kuas dengan bulu yang tidak gampang rontok. Ini juga penting karena bulu kuas yang rontok dapat terjebak di bawah lensa kontak dan menyebabkan infeksi. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan makeup brush.

5. Ketahui Urutan Memakai dan Melepas Lensa Kontak

Dengan tahu kapan saat yang tepat untuk memakai dan melepas kontak lensa bisa membuatmu terhindar dari risiko iritasi. Untuk pemakaian, gunakanlah lensa kontak sebelum menggunakan makeup. Hal ini bertujuan untuk mencegah partikel kecil dari makeup terjebak di bawah kontak lensa. Risiko iritasi dan infeksi pun dapat lebih dihindari. Sedangkan untuk melepaskannya, ada baiknya melepas lensa kontak terlebih dahulu sebelum menghapus makeup. Makeup remover yang masuk ke mata berisiko mengontaminasi lensa kontak. Selain itu, gosokan pada area mata juga bisa menyebabkan kontak lensa mengalami kerusakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading