Tips Mengatasi dan Mencegah Milia ala YouTuber Korea Ghotamista

Beauty Journal07 Jan 2019, 19:00 WIB
Milia

Fimela.com, Jakarta Bagi para pecinta K-Beauty, pasti sudah tidak asing dengan Ghotamista. Beauty influencer yang memiliki nama asli Renee ini memang dikenal kerap membagikan review mengenai produk-produk kosmetik sekaligus sharing berbagai tips seputar skin care. Dalam unggahan video di YouTube channel-nya beberapa bulan lalu, beauty vlogger yang sudah berkecimpung di industri kecantikan selama 10 tahun ini membagikan tips untuk mengatasi dan mencegah milia. Milia sendiri merupakan salah satu jenis masalah kulit berupa benjolan kecil yang menyerupai jerawat atau komedo yang diakibatkan karena penumpukan keratin pada lapisan kulit. Milia juga dikenal dengan istilah kista milium yang tidak berbahaya. Umumnya, milia memiliki benjolan berwarna putih kekuningan dan kerap akan muncul di sekitar mata, pipi, atau pun dahi.

Dalam video tersebut, Renee mengaku bahwa beberapa tahun lalu ia juga pernah mengalami milia pada kulit sekitar bawah matanya. Ia pun berjuang untuk mengatasi dan menghilangkan milia pada kulit wajahnya. Menurutnya, datang ke dokter kulit bukanlah solusi yang tepat untuk menghilangkan milia, karena dokter biasanya hanya akan mengeluarkan keratin penyebab milia dengan menggunakan jarum atau alat semacamnya. Oleh karena itulah, di video tersebut Renee membagikan tips yang pernah ia lakukan untuk mengatasi masalah milia yang dimilikinya.

Baca Juga: Mengenal Milia, Bintik Kecil di Wajah yang Rupanya Mirip dengan JerawatPenyebab Milia

Menurut beauty vlogger yang sangat mencintai dunia skin care ini, milia tidak ada kaitannya dengan ketidakcocokan dalam pemakaian suatu produk kosmetik. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terbentuknya milia pada kulit, antara lain pemakaian krim oklusif yang berat, faktor genetik, dan pertumbuhan sel yang lambat. Selain itu, Renee juga berpendapat bahwa terlalu sering melakukan eksfoliasi, menggosok kulit terlalu keras saat memakai makeup remover, dan juga sering terpapar sinar matahari secara langsung juga dapat menjadi faktor lain penyebab timbulnya milia pada kulit wajah.

Cara Pencegahan dan Mengatasi Milia

Menghentikan pemakaian physical exfoliant merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya milia. Produk physical exfoliant dapat membuat lapisan kulit kita menjadi semakin tipis. Oleh karenanya, bisa menggunakan produk chemical exfoliant dengan kandungan acid yang ringan, salah satunya adalah menggunakan produk acid toner. Kulit di sekitar area mata lebih tipis, maka itu Renee juga menyarankan kamu untuk mengaplikasikan acid toner dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi. Renee sendiri lebih memilih toner dengan kandungan glycolic acid yang sangat ringan. Hal ini cukup ampuh baginya untuk mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk sekaligus mengangkat tumpukan keratin.

Baca Juga: Pakai Acid Toner Setiap Hari Sebenarnya Boleh Nggak, Ya? Intip Jawabannya di Sini!

Sedangkan untuk membersihkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati pada area kulit wajah lainnya, pemilik akun YouTube Ghotamista ini menggunakan Negoen Real Cica Pad dengan kandungan PHA (poly hydroxyl acids) yang lembut. Ia mengusapkan cotton pads tersebut secara gentle pada seluruh area wajah, sedangkan untuk area sekitar mata ia hanya menepuk-nepuk ringan saja. Selain itu, penggunaan retinol juga dirasa sangat membantu dalam meregenerasi sel. Dan untuk menenangkan kulit serta memperbaiki tekstur Renee memilih serum dengan kandungan Centella asiatica.

Namun, Renee juga menyarankan untuk menghindari penggunaan prodyk skin care dengan bahan dasar retinol pada kulit area mata karena bisa jadi akan mengakibatkan efek samping bagi kulit. kamu bisa menggunakan produk ekfoliasi khusus area mata yang memiliki kandungan Vitamin K, C, dan E. Untuk tetap menjaga kelembapan pada area mata setelah eksfoliasi, Renee menyarankan untuk menghindari krim mata yang thick. Atau, kamu juga bisa mengganti penggunaan krim mata dengan minyak esensial, seperti greentea seed oil. Namun, hindari pemakaian minyak alami, seperti virgin coconut oil (VCO), olive oil atau pun minyak alami lainnya yang memiliki tekstur yang thick karena kurang sesuai jika digunakan padamu yang memiliki milia prone skin. Last but not least, Renee juga menyarankanmu untuk tidak melewatkan penggunaan sunscreen sebagai perlindungan pada kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca juga: Panduan Memilih Face Oil Sesuai dengan Masalah Kulit yang Ingin Diatasi