Kandungan Krim Mata yang Wajib Dicari oleh Sahabat Fimela

Beauty Journal13 Jan 2019, 09:30 WIB
Eye Cream

Fimela.com, Jakarta Tahukah Sahabat Fimela, kulit di area mata ternyata jauh lebih tipis ketimbang di area wajah lainnya? Karena alasan inilah area mata jadi sangat rentan akan iritasi dan reaksi alergi. Buruknya lagi, area tersebut juga menjadi yang paling terdahulu dalam menunjukkan tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, untuk menjaga agar kulit di area mata senantiasa terawat, sehat, dan terhindar dari lingkaran hitam, kantung mata, maupun kerutan, perlu merawatnya dengan rutin menggunakan krim mata. Guna mendapatkan produk yang tepat, coba cari tahu terlebih dahulu mengenai kandungan apa saja yang perlu dicari!

1. Retinol

Retinol merupakan salah satu turunan dari vitamin A. Berkat manfaat anti-aging yangd dimilikinya, banyak produk skin care yang menjadikan retinol sebagai key ingredient untuk produk kirm mata. Menurut hasil riset, kandungan retinol maupun retinoid lainnya dapat membantu mempercepat proses pergantian sel kulit, menyamarkan warna kulit yang kurang merata, menebalkan kulit, hingga meningkatkan produksi kolagen. Selain lingkaran hitam, garis halus pada mata juga menjadi masalah yang banyak dialami perempuan. Masalah tersebut umumnya disebabkan oleh berkurangnya kolagen maupun dampak dari photoaging akibat sinar matahari dan polusi. Oleh karena itu, jika tengah mencari krim mata berkualitas, pertimbangkanlah produk yang memiliki kandungan retinol.

Baca juga: Mengenal Retinoid, Komponen Vitamin A yang Menjadi Ingredient Populer di Skin Care Anti-Aging

2. Kafein

Meski dikenal kerap membuat sebagian orang sulit tidur hingga berdampak pada terjadinya mata panda, namun ternyata kafein juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi lingkaran mata yang gelap, lho! Walaupun agak kontradiktif, tak perlu bingung bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Saat dikonsumsi secara langsung, memang akan memicu vasoconstriction, yaitu penyempitan pembuluh darah yang akan memperparah tampilan lingkaran hitam dan kantung mata. Namun jika kafein digunakan dalam skin care, kandungan di dalamnya justru akan bekerja dari luar ke dalam dan mengurangi lingkaran hitam sekaligus kantung mata yang membengkak. Hasil riset juga menunjukkan kalau kafein dan vitamin K dapat membantu mengurangi lingkaran hitam sekaligus bekerja sebagai pelembap, lho!

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Berbagai Tipe Lingkaran Hitam di Bawah Mata

3. Vitamin C

Mungkin, banyak dari Sahabat Fimela yang sudah tahu atau pernah mendengar bahwa vitamin C merupakan kandungan yang bekerja efektif untuk mencerahkan kulit. Selain manfaat tersebut, vitamin C juga dapat membantu mendorong produksi kolagen yang berguna untuk mengatasi masalah kerutan atau garis halus. Itulah alasan mengapa kandungan ini begitu banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit dan anti-aging, termasuk untuk krim mata. Paula Begoun dari Paula’s Choice pun turut merekomendasikan vitamin C untuk mengatasi lingkaran mata yang menghitam, lho!

Baca juga: Perlu Pakai Eye Cream Dari Umur Berapa Ya?

4. Vitamin K

Tidak hanya vitamin C, vitamin K pun menjadi salah satu kandungan favorit banyak perempuan untuk merawat area mata. Dikenal dengan nama lain phytonadione, vitamin K bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah serta mengembalikan elastisitas kulit, sehingga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di area mata sekaligus membantu mengurangi lingkaran hitam, kerutan, maupun kantung mata. Menurut hasil riset, vitamin K akan bekerja lebih efektif lagi jika dikombinasikan dengan retinol.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Krim Mata

5. Peptides

Peptides merupakan rangkaian asam amino yang disatukan oleh nitrogen dan karbon. Memiliki ukuran molekular yang kecil, peptides dapat terpenetrasi hingga ke dalam epidermis dan bekerja efektif untuk membantu mengurangi garis halus serta memperbaiki tekstur kulit. Jenis peptides yang paling sering digunakan dalam skin care adalah matrixyl, yang juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit dan produksi kolagen.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Krim Mata yang Harus Dihindari

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.