Sebelum Beli Pelembap, Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

fitriandiani11 Jan 2019, 13:00 WIB
Skincare/mlg

Fimela.com, Jakarta Pelembap atau moisturizer merupakan produk basic dalam perawatan wajah, sebab pelembap merupakan termasuk produ perawatan sehari-hari. Jadi seharusnya kita sudah memilikinya di meja rias!

Meski namanya 'pelembap', fungsi produk yang satu ini bukan hanya untuk melembapkan. Lebih jauh, pelembap bisa mengencangkan kulit, menutrisi, sampai mencegah penuaan dini. Untuk itu, penting sekali memilih produk pelembap yang tepat guna, sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum memutuskan untuk membeli pelembap, perhatikan 5 hal berikut dari pelembapmu agar tidak salah beli, ya!

DIY moisturizer wajah alami buat kamu yang tergila-gila dengan skincare organik
Kalau mau memastikan skincaremu benar-benar organik, DIY saja! (Foto: unsplash.com)

1. Bahan Dasar yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Bahan dasar pelembap akan sangat mempengaruhi tekstur dan bagaimana pelembap itu menempel di wajah. Misal, pelembap yang berbahan dasar minyak biasanya berbentuk krim dan tidak cocok dipakai untuk kulit yang sudah berminyak, karena akan memperparah komedo. Pakailah pelembap berbahan dasar air jika kulitmu sudah berminyak. Lihat apakah ada label "non-comedogenic" atau "oil-free" di kemasannya.

Untuk kulit sensitif, cari pelembap yang memiliki kandungan hypoallergenic. Untuk kulit wajah yang kering, pakai pelembap dengan formula hyluronic acid dan dimethicone.

2 of 2

2. Cermati Komposisi

Aplikasikan sunscreen atau moisturizer terlebih dahulu?
Ilustrasi sunscreen. (Foto: pexels.com)

Seperti yang tadi telah disebutkan, pelembap juga punya "fungsi sampingan". Ada pelembap yang mengandung antioksidan baik dari chamomile, teh hijau, dan pomegranate yang bisa mencegah penuaan dini.

Selain itu, ada pelembap yang mengandung SPF sehingga kamu tak perlu lagi menggunakan sunscreen berbeda. Praktis! Cari juga bahan-bahan yang baiknya tidak digunakan oleh kondisi kulitmu. Jika ada, berarti pelembap tersebut tidak cocok untukmu.

3. Perhitungkan Faktor Cuaca

Kamu mungkin butuh produk pelembap berbeda untuk musim yang berbeda. Kuncinya ada di cuaca. Di musim panas, kamu mungkin butuh pelembap ekstra serta kandungan SPF yang lebih besar agar kulitmu terlindungi dari paparan matahari. Demikian pula jika kamu ingin berkunjung ke negara dengan suhu ekstrem, pastikan pelembapmu super duper melembapkan agar kulitmu tidak kering.

Lanjutkan Membaca ↓