Probiotik Skincare, Jadi Tren Kecantikan Terbaru

fitriandiani13 Jan 2019, 15:00 WIB
Mencoba diet skincare

Fimela.com, Jakarta Beragam inovasi terus muncul seiring berjalannya waktu, bidang kecantikan pun tak terlepas dari hal ini. Dari masa ke masa, ragam skincare terus berkembang. Kini, giliran probiotik skincare yang mendapat sorotan.

Probiotik yang dimaksud di sini memang serupa dengan probiotik yang sering disebut dalam kandungan minuman sehat seperti yogurt. Bakteri baik ini memang mampu menjaga sistem pencernaan, tapi para ahli kecantikan bereksperimen untuk hal lain.

Probiotik mulai ditambahkan ke dalam berbagai jenis produk yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat hingga pelembap sehari-hari. Lalu, bagaimana cara kerja skincare probiotik tersebut?

 

Fungsi Keberadaan Probiotik Pada Skincare

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

American Academy of Dermatology menyatakan probiotik ini memiliki tiga manfaat utama bagi kulit. Pertama membentuk perisai yang melindungi kulit dari bakteri buruk sehingga memicu respon inflamasi. Kedua, beberapa probiotik mampu menghasilkan zat bersifat antimikroba, yang dapat menghalau bakteri jahat dari permukaan kulit.

Ketiga, probiotik mampu mengirim sinyal ke sel kulit untuk tidak bereaksi pada bakteri yang tidak diinginkan, sehingga menghasilkan efek menenangkan.

Selain itu, sebuah artikel di situs Vogue menyebutkan bahwa probiotik dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mengatasi dampak lingkungan dan polusi.

Sekarang ini, produk skincare probiotik sudah bisa ditemui di supermarket. Akankah skincare jenis ini jadi tren selanjutnya?

Lanjutkan Membaca ↓