Buat Sendiri Masker Wajah untuk Kulit Berminyak, Berani Coba?

Annissa Wulan21 Jan 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Mengatasi masalah kulit berminyak memang bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika memasuki musim panas. Temperatur udara dan tingkat kelembapan yang lebih tinggi jelas dapat memperburuk keadaan bagi si kulit berminyak.

Namun tidak perlu khawatir, perawatan kulit yang tepat dapat membantu menjaga kondisi kulit berminyak tetap seimbang. Dilansir dari oureverydaylife.com, Rabu (16/1/2019), berikut ini adalah tips membuat sendiri masker wajah untuk mengatasi masalah kulit berminyak, sudah pernah coba sebelumnya?

1. Sebelumnya, bersihkan dulu kulit wajah

Ini penting dan harus dilakukan. Sebelum melakukan perawatan apapun, penting untuk membersihkan kulit wajah terlebih dahulu.

Gunakan produk pembersih wajah yang ringan dan bebas dari deterjen atau alkohol yang dapat mengiritasi kulit, serta dapat larut dalam air. Produk pembersih wajah yang tidak larut dalam air dapat meninggalkan residu pada kulit, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan timbulnya noda pada kulit wajah.

Pijat dengan lembut pembersih wajah ke kulit dengan gerakan memutar untuk mengangkat kotoran dan minyak dari kulit. Bilas menggunakan air hangat, tepuk-tepuk kulit dengan handuk bersih.

Kulit berminyak sebaiknya dibersihkan dua kali dalam sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Terlalu sering membersihkan kulit wajah justru dapat menyebabkan iritasi dan produksi minyak yang lebih banyak.

 

2 of 2

Bahan dan langkah-langkah untuk membuat masker wajah sendiri di rumah

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: unsplash.com/Noah Buscher.

2. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker wajah

- Striberi adalah sumber alami asam salisilat, asam beta hidroksi yang banyak direkomendasikan oleh para ahli sebagai agen pengelupasan kulit. Asam salisilat dapat melarutkan minyak berlebih pada kulit yang menyumbat pori-pori, mengatasi masalah komedo, dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit.

- Yogurt adalah sumber alami asam laktat, asam alfa hidroksi yang juga banyak direkomendasikan oleh para ahli. Seperti asam salisilat, asam laktat berfungsi sebagai agen pengelupasan kulit dengan memecah zat yang menyatukan kulit mati. Selain itu, asam laktat adalah humektan yang membantu kulit mempertahankan kelembapan.

Asam salisilat dan asam laktat dapat saling melengkapi satu sama lain karena asam salisilat memiliki efek untuk sedikit mengeringkan kulit, sedangkan asam laktat membantu kulit untuk tetap terhidrasi. Lantas, bagaimana cara membuat masker wajah sendiri di rumah?

3. Langkah-langkah membuat masker wajah sendiri di rumah

- Dalam sebuah mangkuk, potong dua buah stroberi yang besar dan tumbuk sampai rata. Tambahkan satu sendok makan yogurt dan campurkan.

- Menggunakan kuas, aplikasikan masker ke kulit wajah, hindari area mata, dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas hingga bersih, tepuk-tepuk sampai kering, dan ikuti dengan mengaplikasikan toner.

Memiliki kulit berminyak berarti sebaiknya menggunakan toner yang bebas minyak dan bebas alkohol dengan beberapa kandungan yang memiliki anti inflamasi, seperti lidah buaya, witch hazel, mentimun, dan teh hijau. Beberapa minyak esensial dan alkohol dapat mengiritasi kulit.

Lanjutkan Membaca ↓