Sukses

Beauty

Rambut Sering Tumbuh di Area yang Aneh? Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Pernah atau sering mendapati rambut tumbuh di area-area tertentu yang tidak seharusnya, seperti di dagu, hidung, atau kaki? Ternyata, hal ini umum terjadi.

Dilansir dari newbeauty.com, Kamis (17/1/2019), rambut yang tumbuh di area aneh biasanya adalah mutasi gen dan tidak berbahaya. Rambut-rambut yang tumbuh di dagu, hidung, jari kaki, atau payudara biasanya disebabkan karena ada folikel rambut yang tidak berada di jalur normalnya.

Fase pertumbuhan dalam siklus hidup rambut menentukan karakteristiknya, seperti panjang dan diameternya. Bisa jadi mutasi gen dari satu folikel karena trauma atau pengaruh lingkungan, menghasilkan rambut lebih panjang dan gelap.

Atau bisa berkaitan dengan hormon. Perempuan berusia 40 atau 50-an sering mengalami pertumbuhan rambut di daerah yang sebelumnya tidak ditumbuhi rambut.

Androgen, khususnya testosteron bertanggung jawab atas perubahan tersebut. Kadar estrogen menurun selama masa menopause, menciptakan gangguan keseimbangan antara estrogen dan testosteron yang dapat membuat rambut tumbuh lebih gelap.

 

Tips menghilangkan rambut yang tumbuh di area-area aneh

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jenis rambut seperti ini? Simak beberapa tipsnya.

1. Cabut masing-masing rambut atau gunakan obat untuk menghilangkan rambut ini

Mencabut rambut mungkin akan lebih baik daripada mencukurnya, karena rambut membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh ketika dicabut, daripada dicukur. Obat untuk menghilangkan rambut adalah solusi lain yang efektif, karena produk ini bekerja melarutkan rambut di permukaan kulit tanpa rasa sakit. Beberapa obat dapat mengurangi kerapatan dan panjang rambut, sehingga tumbuhnya akan lebih ringan, pendek, dan jarang.

2. Laser

Laser adalah alternatif untuk menghilangkan rambut-rambut yang tidak diinginkan. Jika sulit untuk dihilangkan, setidaknya rambut-rambut ini akan lebih mudah diatur.

3. Menemui dokter kulit

Jika kedua cara di atas tidak membuahkan hasil, cobalah menemui dokter atau seorang ahli. Beberapa perawatan memang tidak disarankan untuk dilakukan sendiri di rumah, terutama untuk warna rambut atau kulit tertentu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading