Sukses

Beauty

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Sudah Pernah Dengar?

Fimela.com, Jakarta Sering mendengar manfaat minyak zaitun untuk rutinitas kecantikan sehari-hari, seperti rambut? Saat ini, minyak zaitun populer digunakan sebagai bahan dari kondisioner dan masker rambut.

Pertanyaannya adalah apakah minyak zaitun benar-benar baik bagi rambut? Berbeda dengan minyak kelapa yang jika digunakan secara terus menerus pada rambut akan menyebabkan penumpukan protein di kutikula rambut, membuat helaian rambut menjadi rapuh dan keriting, minyak zaitun sangat baik digunakan pada rambut yang membutuhkan kelembapan lebih.

Sebenarnya minyak kelapa dan minyak zaitun memiliki sejarah panjang digunakan sebagai perawatan rambut dan kulit, namun minyak zaitun terbukti lebih berat dan kaya dibandingkan minyak kelapa. Inilah mengapa minyak zaitun bisa digunakan untuk segala jenis rambut, baik lurus, keriting, rusak, ataupun berwarna, seperti dilansir dari sheknows.com.

Tips melakukan perawatan rambut sendiri di rumah dengan minyak zaitun

Segala jenis rambut cenderung memiliki poros rambut yang lebih keropos dan rambut keropos tidak dapat menahan kelembapan alami, membuatnya rapuh dan kering. Mengaplikasikan minyak zaitun yang kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E pada rambut mampu menembus batang dan menyeimbangkan kembali kemampuan rambut untuk menahan kelembapan.

Sedangkan kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi. Manfaat ini dapat bertahan hingga rambut dicuci satu kali dalam smeinggu.

Namun, sebelum terburu-buru membeli produk perawatan rambut dengan label kandungan minyak zaitun di dalamnya, ketahuilah bahwa tingkat minyak zaitun yang ditemukan dalam produk komersial biasanya sangat rendah dan tidak benar-benar dapat menembus rambut. Sebagai gantinya, cobalah untuk membuat sendiri perawatan rambut dari minyak zaitun.

Baca juga: 20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut

Caranya, panaskan secangkir minyak zaitun dalam air hangat atau masukkan ke dalam microwave, pindahkan ke dalam sebuah botol aplikator. Dari bagian-bagian yang kecil, aplikasikan minyak zaitun dari akar sampai ke ujung rambut.

Bungkus kepala dengan handuk selama 30 menit, keramas, dan gunakan kondisioner seperti biasa. Sudah pernah coba merawat rambut menggunakan minyak zaitun sebelumnya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading