Apa yang Dikatakan Kulit Tentang Kesehatan Tubuh?

Annissa Wulan22 Jan 2019, 06:30 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Kulit adalah organ terbesar di tubuh, mulai dari melindungi tubuh dari infeksi, hingga mengatur suhu tubuh. Jika diperhatikan, kulit juga memberi banyak petunjuk tentang apa yang terjadi di dalam tubuh.

Dilansir dari thelist.com, Selasa (22/1), berikut ini adalah apa yang dikatakan kulit tentang kesehatan tubuh. Penasaran?

1. Alergi

Kulit gatal biasanya memiliki hubungan dengan sesuatu di lingkungan sekitar. Gatal, bercak, dan area merah di seluruh tubuh dapat disebabkan oleh alergi, seperti obat, makanan, hewan peliharaan, sengatan serangga, atau serbuk sari bunga.

2. Tiroid

Rona kemerahan yang muncul di kulit bisa terjadi karena tiroid rendah. Beta karoten dan antioksidan yang ditemukan dalam beberapa hal, seperti jeruk, wortel, dan kentang manis diproses di tiroid.

Ketika tiroid tidak berfungsi, beta karoten akan menumpuk di dalam darah, menyebabkan kulit berubah warna menjadi oranye. Kesehatan kulit juga mencakup rambut dan kuku.

Tiroid juga dapat menyebabkan rambut dan kuku rapuh, serta kulit kusam. Selain itu, tiroid rendah juga bisa menyebabkan kelelahan dan intoleransi terhadap suhu panas dan dingin.

Diabetes, Celiac, dan Anemia

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: unsplash.com/Daniel Spase.

3. Diabetes

Salah satu pertanda dari adanya penyakit diabetes adalah dari kulit. Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tidak terkontrol, menyebabkan perubahan pada kulit, seperti pembuluh darah yang berubah menjadi lebih tebal.

Penderita diabetes juga akan mengalami penurunan sensasi pada kulit. Pernah jalan di batu dan tidak merasakan sakit?

4. Celiac

Pernah menggaruk kulit dan mendapati kulit yang ruam merah dan gatal-gatal? Ruam ini disebut sebagai dermatitis herpetiformis dan terjadi pada orang-orang yang menderita Celiac.

Ruam ini biasanya terjadi karena seseorang mengalami masalah pencernaan atau intoleransi gluten. Curiga mengalami hal yang sama? Segera kunjungi dokter.

5. Anemia

Zat besi yang rendah bisa menjadi penyebab dari kulit pucat. Anemia menyebabkan kadar zat besi rendah dalam darah, menyebabkan wajah dan tangan kehilangan warna.

Lanjutkan Membaca ↓