Pentingnya Pelembap Wajah dalam Skincare Routine, Begini Trik Memaksimalkannya

Ayu Miranti30 Jan 2019, 00:00 WIB
Pentingnya Pelembap Wajah dalam Skincare Routine

Fimela.com, Jakarta Salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari adalah pelembap yang menjaga kandungan air pada lapisan kulit paling luar. Selain itu, ada banyak peran penting lainnya seperti mencegah kulit kering, melindungi kulit sensitif, dan mencerahkan warna kulit. Sayangnya, tidak sedikit yang sekadar mengoleskannya begitu saja. Padahal ada beberapa cara sederhana untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pelembapmu.

Gunakan 3-5 Menit Setelah Mandi

Pastikan menggunakan pelembap pada waktu yang optimal, yaitu saat-saat dimana kulit paling baik menyerap kelembapan. Setelah mandi adalah waktu yang tepat untuk menggunakan pelembap.

Jangan langsung mengoleskan krim pada kulit yang basah dan menetes karena tidak akan masuk ke kulit dengan sempurna. Tapi tepuk kulit wajah dengan handuk selama 3-5 menit, baru kemudian oleskan pelembap untuk menjaga kulit tetap lembap.

Oleskan dengan Gerakan Memutar searah Jarum Jam

Saking buru-burunya, tidak jarang kamu asal mengoleskan pelembap hingga merata ke seluruh permukaan wajah. Padahal menggosok kulit secara berlebihan justru berisiko mengiritasi kulit dan memecah kolagen sehingga memicu timbulnya keriput. Oleskan pelembap dengan gerakan memutar searah jarum jam dengan lembut untuk memudahkannya meresap secara sempurna di kulit.

Mulailah dengan mengambil pelembap dalam jumlah yang sedikit lalu oleskan perlahan pada kulit wajah dan leher. Jangan terlalu banyak karena hanya akan membuat kulit terasa berminyak, lengket, dan tidak memberikan hasil yang maksimal.

Gunakan Pelembap Saat Berada di Ruangan Ber-AC dan di Luar Ruangan

Ruangan ber-AC membuat kulit rentan kering. Begitu juga saat berada di luar ruangan yang membuat kulit harus berhadapan dengan beberapa kondisi lingkungan seperti sinar matahari, angin, asap, maupun debu.

Tidak ada salahnya untuk selalu membawa pelembap wajah berukuran kecil yang mudah disisipkan dalam tas maupun kantung baju. Jika kulit mulai terasa kering saat berada di ruangan ber-AC, segera oleskan pelembap dan ulangi sesering mungkin untuk menjaga kadar air di dalam kulit. Untuk yang banyak beraktivitas di luar ruangan, jika perlu gunakan pelembap yang mengandung tabir surya dan antioksidan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan polusi.

Lakukan dengan Pijatan Kecil

Selain mengoleskan pelembap dengan gerakan melingkar yang lembut, berikan juga sedikit tekanan berupa pijatan-pijatan kecil. Selain memberikan rasa rileks, cara ini juga membantu sirkulasi darah pada kulit. Hasilnya, pelembap meresap dengan sempurna, kulit jadi lebih kenyal, halus, dan glowing.

Agar hasilnya lebih maksimal, jangan sampai salah memilih produk pelembap wajah. Dapatkan di iLOTTE.com yang sedang menebar diskon besar-besaran untuk produk pelembap wajah terbaik spesial buatmu. Buruan dapatkan informasi selengkapnya di sini.