Rekomendasi Produk Kosmetik yang Cocok Dipakai Saat Liburan Musim Dingin

Beauty Journal27 Jan 2019, 10:10 WIB
Kosmetik

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela termasuk salah seorang yang berencana untuk berlibur ke salah satu negara bermusim dingin, ada berbagai hal nih yang perlu disiapkan. Selain pakaian hangat, tentunya Kamu tidak boleh melewatkan juga produk-produk skin care guna mencegah kondisi kulit jadi kering dan dehidrasi akibat udara yang terlalu dingin. Penasaran akan produknya? Keep scrolling!

1. Pelembap Wajah

Pelembap wajah merupakan salah satu produk yang tak boleh dilewatkan. Jika di negara berikilim tropis saja kulit perlu mendapatkan hidrasi, apalagi di negara berikilim rendah. Suhu yang dingin tidak hanya dapat mengakibatkan kulit jadi kering, tapi juga bisa membuatnya timbul efek perih, seperti tertarik, memerah, bahkan hingga memicu jerawat. Pelembap yang baik untuk digunakan pada cuaca dingin adalah produk yang mengandung glycerine atau hyaluronic acid. Keduanyadiketahui berfungsi untuk mengunci kadar air dalam udara dan mengikatnya pada jaringan kulit, sehingga kulit pun akan tetap terhidrasi. Jika penggunaanmoisturizer dianggap kurang cukup menghidrasi, maka Kamu bisa menambahkan face oil pada rutinitas perawatan kulit saat liburan musim dingin.

2. Sunscreen

Mungkin sebagian darimu mengira bahwa saat musim dingin, sinar matahari tak akan seterik biasanya, sehingga pemakaian sunscreen dianggap kurang penting. Padahal, meski tak seterik layak musim panas, namun tetap saja pada musim dingin matahari akan tetap bersinar. Sengatan dari sinar UVA mungkin memang tidak terlalu terasa saat musim dingin, namun lain halnya dengan sinar UVB. Hal ini dikarenakan sinar UVB tidak dapat tersaring oleh apapun, sehingga pancarannya masih membahayakan kulit. Bahkan tanpa disadari, salju yang turun di jalanan saat musim dingin pun dapat memantulkan sinar matahari, lho! Oleh karenanya, Kamu tetap perlu melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menggunakan sunscreen, paling tidak dengan SPF30.

3. Body butter

Selain menjaga hidrasi kulit wajah, Kamu juga perlu menjaga kelembapan pada kulit tubuh. Jika selama ini penggunaan body lotion dirasa sudah cukup, maka jika berlibur di negara yang bermusim dingin Kamu perlu mengganti body lotion dengan body butter. Produk yang satu ini memiliki tekstur yang lebih thick daripada body lotion. Nah, berkat teksturnya inilah kulit jadi lebih terjaga kelembapannya secara lebih lama. Jangan lupa oleskan secara berkala saat kulit sudah mulai kering, ya!

4. Lip Balm

Selain bisa membuat kulit wajah dan tubuh kering, udara yang dingin juga bisa menyebabkan bibir jadi kering dan pecah-pecah. Bibir sendiri merupakan salah satu bagian tubuh yang paling peka terhadap kondisi lingkungan. Saat musim dingin, udara yang berhembus akan terasa jauh lebih kering daripada biasanya, sehingga jangan heran jika bibir akan mudah pecah-pecah. Tak hanya itu saja, musim dingin juga cenderung membuat banyak orang merasa haus. Oleh karenanya, jangan perlah lupa untuk selalu mengonsumsi air putih guna menghindari tubuh jadi dehidrasi. Pssst, cara tersebut juga dapat meminimalisir terjadinya kekeringan pada bibir, lho!

5. Hydrating Serum

Selain pelembap wajah atau face oil, Kamu juga bisa memaksimalkan kelembapan wajah selama liburan di musim dingin dengan menambahkan hydrating serum pada rangkaian skin care routine. Seperti yang kita ketahui, face serum memiliki kandungan yang lebih kaya dalam membantu merawat kulit. Hydrating serumbiasanya dibuat dengan kandungan moisturizer tinggi, seperti minyak argan atau minyak bunga mawar yang bisa menghidrasi kulit wajah lebih baik. Menariknya lagi, hydrating serum biasanya juga telah dilengkapi dengan vitamin E yang baik untuk menangkal radikal bebas, lho!

Baca juga: Yuk, Hidrasi Kulit Kering Kamu dengan 5 Rekomendasi Masker Wajah Berikut!

Semoga bermanfaat informasinya.