Penyebab Jerawat Berdasarkan Letak Kemunculannya di Wajah

fitriandiani02 Feb 2019, 14:00 WIB
Masalah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor penyebab munculnya jerawat, bisa karena kotoran yang menyumbat pori-pori wajah, hormon, atau lemak yang menumpuk di balik lapisan kulit.

Selain dari hal-hal tersebut, kamu juga bisa memprediksi penyebab jerawat berdasarkan letaknya. Tak jarang, jerawat merepresentasikan kondisi tubuh. Simak penjelasan selanjutnya di bawah ini.

1. Jerawat di sekitar mulut

Munculnya jerawat di sekitar mulut biasanya disebabkan oleh pola makan yang 'jorok', karena banyak mengonsumsi gorengan serta tinggi gula dan lemak.

2. Jerawat di dagu

Penyebab munculnya jerawat di dagu adalah hormon. Tak heran kalau menjelang datang bulan, para perempuan mendapati munculnya jerawat di area ini.

 

2 of 2

3. Jerawat di pipi

jerawat-130706b.jpg
Ilustrasi jerawat. (Foto: shutterstock)

Untuk area ini, biasanya disebabkan oleh bakteri yang dari alat kecantikan yang kamu pakai seperti brush dan sponge. Ada kemungkinan juga bakteri tersebut berasal dari ponsel dan sarung bantal. Solusinya, rajin-rajinlah membersihkan barang apapun yang mungkin menempel di pipimu dan jangan biasakan menyentuh wajah dengan tangan.

4. Jerawat di hidung

Hidung memiliki hubungan dengan organ hati. Jika kamu kerap memiliki jerawat di area tersebut, perhatikan dengan seksama kondisi organ hatimu. Kamu juga harus kurangi konsumsi daging dan makanan pedas serta berlemak untuk mengurangi jerawat di hidung.

5. Jerawat di dahi

Area T-zona termasuk dahi memproduksi lebih banyak sebum dibanding bagian wajah lainnya. Rambut berponi yang kotor bisa memperbesar kemungkinan timbul jerawat di area ini. Selain itu, stres juga bisa memicu lebih banyak sebum. Jika tidak dibersihkan dengan maksimal, wajahmu bisa panen jerawat di area ini.

Lanjutkan Membaca ↓