3 Tanda Sahabat Fimela Perlu Melakukan Double Cleansing Setiap Malam

Beauty Journal31 Jan 2019, 18:15 WIB
Double Cleansing

Fimela.com, Jakarta Setelah seharian beraktivitas, membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur merupakan rutinitas yang penting dilakukan guna menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat. Walaupun hanya memakai makeup tipis, membersihkan wajah tetap diperlukan karena kamu mungkin saja tidak sadar bahwa ada banyak sekali kotoran, debu, dan polusi tak kasat mata yang menempel di kulit wajah. Kalau tidak dibersihkan secara maksimal dan segera, dikhawatirkan ada banyak permasalahan yang muncul nantinya, sebut saja jerawat, kulit kusam, hingga penuaan dini.

Nah, supaya wajah tetap bersih maksimal, satu tahap pembersihan saja tidak cukup! Usai mengangkat makeup dan kotoran di wajah, kamu perlu juga memastikan kondisi kulit wajah sudah benar-benar bersih dengan cara membasuh dan mencucinya dengan facial wash. Kedua tahapan yang disebut sebagai double cleansing ini sangat dianjurkan untuk dilakukan, terutama jika menginginkan kondisi kulit yang senantiasa sehat. Lantas, sebenarnya kapan saja sih kita perlu melakukan double cleansing? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

1. Saat Menggunakan Makeup

Tips menggunakan double cleansing
Tips menggunakan double cleansing/copyright shutterstock

Meskipun dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik, makeup juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada kulit jika tidak dibersihkan dengan baik. Maka dari itu, kamu wajib melakukan double cleansing seusai menggunakan makeup. Ini tak hanya berlaku saat kamu menggunakan makeup yang tebal saja, lho! Penggunaan makeup ringan, seperti hanya menggunakan bedak pun perlu dibersihkan dengan metode double cleansing. Nah, untuk melakukan double cleansing, pertama-tama, dibutuhkan produk yang mampu meluruhkan dan membersihkan makeup.

Pertama bisa menggunakan oil-based cleanser atau micellar water guna mengangkat lapisan makeup teratas. Namun, itu sampai di situ saja tidak cukup. Dalam memilih first cleanser, khususnya micellar water, perlu dipilih produk yang memiliki kemampuan untuk menutrisi kulit, salah satunya SENKA All Clear Water. Micellar water ini memiliki kandungan uji green tea essence, fuji sakura essence, dan hyaluronic acidyang dapat menutrisi kulit dengan baik. Ada dua varian yang ditawarkan SENKA, Anti-Shine untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan Vibrant White untuk para pemilik kulit normal dan sensitif. Tak hanya makeup, SENKA All Clear Water juga efektif mengangkat debu, polutan, dan sebum, lho!

Setelah mengangkat lapisan makeup teratas, lanjutkan proses pembersihan kulit dengan second cleanser yang mampu membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Salah satu jenis produk yang bisa kamu gunakan adalah facial foam. Sama halnya dengan first cleanser, memilih facial foam sebagai second cleanser juga perlu cermat supaya tidak menyebabkan kulit kering. Memiliki hyaluronic acid sebagai kandungan utamanya, SENKA Perfect Whip dan SENKA Perfect White Clay dapat menjadi pilihan facial foam yang tidak membuat kulit wajah semakin kering. Facial foam ini memiliki busa yang padat dan melimpah, sehingga saat membersihkan kulit, telapak tanganmu tidak akan langsung bersentuhan dengan wajah. Kulit pun akan terasa lebih bersih dan bebas dari sisa kotoran yang tertinggal di pori-pori.

2. Menggunakan Sunscreen

Tidak menggunakan makeup, tapi menggunakan sunscreen? kamu juga perlu double cleansing! Sunscreen, baik itu yang bersifat mineral maupun chemical, akan membentuk lapisan pelindung pada kulit yang tidak bisa bersih maksimal dengan face wash saja, atau dengan micellar water saja. Jika tidak dibersihkan dengan baik, residu sunscreen berisiko menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat! Tidak mau hal ini terjadi, kan? Gunakan pembersih yang memiliki kandungan minyak di dalamnya sebagai tahap pertama double cleansing. Kandungan minyak dalam cleanser akan meluruhkan sunscreen, sehingga sisa sunscreen akan terangkat dengan baik. Setelahnya, lanjutkan dengan penggunaan facial wash agar hasilnya lebih maksimal.

3. Tinggal di Tempat dengan Tingkat Polusi

Tinggi Polusi, debu, dan paparan sinar matahari yang tinggi adalah tiga faktor lingkungan yang menjadi ancaman terbesar bagi kulit. Selain menyebabkan penuaan dini pada kulit dan membuat tampilan wajah menjadi lebih kusam, faktor tersebut juga berisiko menyumbat pori-pori kulit. Padahal, rangkaian skin care yang dipakai baru akan mampu bekerja dan terserap dengan baik di kulit yang bersih, lho! Sayang sekali jadinya kalau penggunaan skin care menjadi kurang maksimal akibat pori-pori tersumbat. Oleh karena itulah, penting untuk melakukan double cleansing di malam hari seusai beraktivitas.

Well, semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya.