5 Hal yang Dapat Memperparah Permasalahan Bibir Kering

fitriandiani19 Feb 2019, 06:30 WIB
Ilustrasi bibir kering

Fimela.com, Jakarta Bibir kering bisa jadi penanda adanya ketidakseimbangan dalam tubuh, entah karena panas dalam maupun faktor-faktor luar seperti misal penggunaan lipstik.

Meski terlihat sepele, namun sebenarnya masalah bibir kering ini bisa amat mengganggu. Susah pakai lipstik, sudah pasti. Belum lagi kalau sampai mengelupas dan berdarah. Makan, minum, dan bicara pasti jadi tidak nyaman.

Perbanyak minum air putih dan selalu pakai lip balm adalah cara standar untuk memperbaiki bibir kering perlahan-lahan. Sisanya, usahakan untuk tidak melakukan hal berikut karena dapat memperparah kondisinya, ya!

1. Menjilat bibir

Jangan pikir kalau menjilat bibir bisa membantu melembapkannya, karena tidak sama sekali! Yang ada, kebiasaan tersebut menghapus kelembapan alami kulit di bibir.

 

2 of 3

2. Membasuh wajah dengan air yang terlalu panas

Ilustrasi Wanita Cuci Muka
Ilustrasi Wanita Cuci Muka (iStockphoto)​

Air yang terlalu panas dapat membuat kulit kering, termasuk bibirmu. Pakai air yang lebih hangat, juga sabun cuci muka yang lembut agar lebih bersahabat dengan kulit bibirmu.

3. Paparan matahari

Seperti kulit pada umumnya, kulit bagian bibir pun bisa mengering karena paparan sinar matahari yang berlebih. Penting untuk selalu menggunakan lipbalm yang mengandung SPF agar bibir terlindungi.

 

3 of 3

4. Pakai lip balm dengan perasa

Shea butter bisa jadi pilihan lipbalm alami
Kandungan shea butter membuatnya bisa jadi lipbalm alami yang ampuh atasi bibir kering. (Foto: pixabay.com)

Perasa dan pewangi dalam lip balm bisa memperparah kondisi bibir yang kering, jadi sebaiknya pakai lip balm yang tanpa pewarna dan pewangi. Vaseline yang mengandung petrolatum juga bagus untuk bibir keringmu.

5. Pakai lipbalm dengan kandungan exfoliator

Ada lipbalm yang mengandung salicylic acid, yang bekerja untuk meluruhkan sel kulit mati. Nah, dalam kondisi kulit kering, kandungan ini bisa memperparah bibirmu. Kandungan lain yang perlu dihindari adalah mentol dan pepermint.

Lanjutkan Membaca ↓