5 Manfaat Utama dari Air Mawar dalam Rutinitas Kecantikan

Vinsensia Dianawanti01 Mar 2019, 16:30 WIB
Ilustrasi air mawar

Fimela.com, Jakarta Air mawar sering kali digunakan sebagai bahan dasar untuk produk kecantikan. Manfaat yang ditawarkan air mawar membuat banyak produsen tertarik menggunakannya.

Air mawar sendiri dibuat dari distilasi uap kelopak mawar dan menjadi perawatan kecantikan homeopati yang digunakann sejak Mesir Kuno. Bukan hanya menjadi perawatan kulit mewah, air mawar telah teruji secara klinis untuk menyembuhkan beragam penyakit unik.

Dikutip dari Purewow.com pada Kamis (14/2/2019) air mawar memiliki lima manfaat utama bagi kecantikan. Menjadikannya sebagai produk perawatan kulit yang wajib digunakan.

1. Antioksidan tinggi

Antioksidan dibutuhkan untuk mencegah efek negatif dari stres berlebih pada kulit. Menggunakan air mawar dalam perawatan kulit akan membantu kulit memerangi radikal bebas dan bahaya sinar UV, polusi, dan stres.

2. Mengobati jerawat

Air mawar memiliki kandungan antibakter sehingga mampu menjadi produk perawatan kulit natural untuk mengatasi jerawat. Gunakan air mawar dalam bentuk facial mist atau serum. Produk ini memiliki konsentrasi yang cukup tinggi dan membuat penetrasi ke kulit lebih baik. Sementara, krim bisa dipadukan dengan emolien dan humektan.

 

2 of 2

Manfaat air mawar bagi kecantikan

Ilustrasi air mawar
Ilustrasi air mawar (Foto: Unsplash.com/Jamie Street)

3. Anti peradangan

Air mawar cukup ampuh meredakan kemerahan pada kulit sensitif. Hal ini berkat anti peradangan yang dimilikinya. Kulit yang meradang akan menjadi tenang dan mencegahnya semakin rusak.

4. Menghidrasi kulit dan rambut

Air mawar tidak hanya bisa digunakan untuk produk perawatan kulit, namun juga rambut. Rambut pun bisa terhidrasi dengan penggunaan air mawar. Teteskan beberapa tetes air mawar pada sampo atau kondisioner untuk memberikan kelembapan ekstra.

5. Meredakan stres

Inilah sebabnya mawar dijadikan sebagai varian bahkan bahan utama dalam parfum. Aromanya yang enak mampu memperbaiki suasana hati. Menghirup air mawar diketahui meredakan stres dan membuat tubuh lebih rileks. Berdasarkan penelitian, menghirup air mawar mampu mengurangi kadar hormon kortisol yang menjadi hormon penyebab stres.

Lanjutkan Membaca ↓