Waktu Paling Tepat Membersihkan Wajah di Malam Hari

Vinsensia Dianawanti17 Feb 2019, 11:00 WIB
Cuci wajah

Fimela.com, Jakarta Membersihkan wajah memang merupakan rutinitas wajib setelah seharian beraktivitas dan menggunakan makeup. Untuk itu, kenali jenis kulit secara tepat untuk menentukan produk pembersih wajah yang sesuai.

Kebanyakan perempuan berpikir bahwa membersihkan wajah di malam hari dilakukan tepat sebelum tidur. Namun dikutip dari Purewow.com pada Minggu (17/2/2019) membersihkan wajah tepat sebelum tidur bukanlah waktu yang tepat.

Lebih baik membersihkan wajah dilakukan lebih awal. Berdasarkan sains, sel kulit kita mengikuti ritme sirkadian atau jam internal. Karena itulah mekanisme perbaikan alami kulit mulai terjadi ketika hari mulai gelap. Ketika itulah, sel-sel induk kulit bekerja keras untuk menciptakan sel baru dan menggantikan yang lama.

 

Manfaat membersihkan wajah lebih awal

Pembersih Wajah
Ilustrasi membersihkan wajah/copyright shutterstock

Pembersihan lebih awal membuat kulit tetap mampu menyelaraskan jam internal. Menurut para peneliti di Pusat Regulasi Genomik, mempertahankan ritme sirkadian kulit dapat melindunginya dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, dengan pembersihan wajah lebih awal dapat memaksimalkan penggunaan produk perawatan kulit di malam hari. Karena kulit tidak sibuk mempertahankan diri dari polusi di siang hari dan sinar UV. Ia akan dapat bekerja lebih optimal untuk menyerap zat adiktif seperti retinol dan serum.

Lanjutkan Membaca ↓