Apakah Solusi Hilangkan Jerawat Dengan Dipencet? Ini Jawabannya

Anisha Saktian Putri25 Feb 2019, 17:00 WIB
Ilustrasi Jerawat

Fimela.com, Jakarta Memencet jerawat menjadi hal yang sering dilakukan ketika jerawat di wajah sudah matang. Banyak orang yang beranggapan memencet jerawat dapat membantu mempercepat proses pengeringan jerawat, sehingga jerawat akan lebih cepat hilang. Tapi apakah benar asumsi tersebut?

Memencet jerawat adalah suatu upaya untuk mengeluarkan isi jerawat atau mengeluarkan penyumbat pori-pori kulit. Dimana diharapkan setelah mengeluarkan isi jerawat, maka jerawat akan kering dan menghilang. Tapi apakah memencet jerawat adalah solusi ampuh menghilangkan masalah di wajah tersebut?

Dilansir dari wajahjerawat.com, jika salah memencet jerawat, justru akan membahayakan kondisi kulit dan memperparah jerawat. Sebenarnya, jerawat akan hilang dengan sendirinya jika dibiarkan saja. Memencet jerawat akan lebih berisiko terhadap hal buruk pada kulit dan jerawat, seperti menimbulkan bopeng bekas jerawat maupun memperparah kondisi jerawat. Sedangkan membiarkan jerawat justru dapat membantu proses penyembuhan jerawat lebih cepat dan tidak beresiko buruk.

Dibiarkan di sini bukan berarti tidak melakukan apa-apa, namun berarti bahwa tidak terlalu sering disentuh maupun ditekan.

Selain itu, membiarkan jerawat juga berarti bahwa sahabat Fimela harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kulit agar bakteri penyebab jerawat tidak berkembangbiak dan menyebabkan peradangan pada jerawat.

Menjaga kebersihan wajah

Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat
Selain skincare dan treatment khusus di salon, bahan alami ini juga bisa pudarkan bekas jerawat. (Foto: pexels.com)

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dapat dilakukan dengan cara yang mudah, hanya perlu mencuci wajah secara rutin minimal dua kali dalam sehari seperti pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Sahabat Fimela juga perlu memperhatikan cara mencuci wajah yang benar untuk menghilangkan jerawat agar jerawat lebih cepat sembuh.

Akan lebih baik pula jika dapat mengatur pola hidup sehat setiap harinya. Dibandingkan memencet jerawat, sebaiknya melakukan berbagai macam pengobatan jerawat yang banyak direkomendasikan. Sebagai contoh seperti menggunakan bahan-bahan alami atau masker dan obat jerawat alami, maupun dengan menggunakan obat dan salep antibiotik agar bakteri penyebab jerawat dapat dilawan dengan baik.

Melakukan perawatan terhadap jerawat dibandingkan dengan memencet jerawat juga tidak terlalu berisiko buruk terhadap jerawat maupun kulit, justru jerawat secara efektif dapat disembuhkan tanpa efek samping.

Lanjutkan Membaca ↓