Sukses

Beauty

Jangan Salah, Beda Jenis Jerawat Beda Pula Cara Perawatannya

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami setiap orang, tapi setiap orang bisa memiliki jenis jerawat yang berbeda. Untuk mengatasinya pun butuh cara yang berbeda.

Cara mengatasi jerawat yang ampuh untuk satu orang belum tentu berhasil di orang lain, karena itu penting untuk mengetahui jerawat apa yang ada di wajah agar bisa melakukan penanganan yang tepat.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima jenis jerawat besarta cara menanganinya. Simak, ya!

Whitehead

Jenis jerawat yang satu ini merupakan komedo yang muncul akibat pori-pori tersumbat lemak, minyak dan kotoran, tapi masih terletak di bawah lapisan kulit. Untuk membersihkannya, pakai sabun wajah dari kandungan tea tree oil dan pastikan kosmetikmu berlabel 'non-comedogenic)

 

Blackhead

Penyebabnya mirip seperti whitehead, tapi blackhead muncul ke permukaan kulit dan terkekspos udaha, hingga menyebabkan oksidasi minyak yang menyebabkannya jadi berwarna hitam. Atasi blackhead dengan rutin menggunakan toner serta facial scrub dua kali dalam seminggu.

Papule

Asalnya dari whiteheads atau blackheads yang iritasi, hingga jadi meradang. Jerawat papule ini akan terasa sakit jika disentuh walau tidak berisi nanah. Atasi jerawat papule dengan krim kortison atau kompres dengan es batu agar whitehead bisa naik ke permukaan kulit untuk dikeluarkan.

 

Pustule

Kalau papule tidak berisi nanah, pustule ini berisi nanah. Pustule juga lebih besar dan terasa lebih perih. Jerawat pustule baru boleh disentuh ketika whitehead sudah terlihat di permukaan kulit, keluarkan perlahan, lalu keringkan jerawat dengan skincare spot treatment khusus yang mengandung antiseptik atau antibakteri.

Nodule

Di antara jenis jerawat lainnya, jenis ini bisa dibilang yang terparang. Jerawat nodule lebih besar, merah, dan sulit sekali hilang. Jerawat nodule merusak sampai jauh ke dalam kulit dan berisi nanah. Jika mengalami kondisi ini, baiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading