Makeup atau Tabir Surya yang Harus Digunakan Terlebih Dahulu? Ini Jawabannya

Anisha Saktian Putri22 Feb 2019, 09:00 WIB
[Fimela] Sunscreen

Fimela.com, Jakarta Menggunakan kosmetik memang menjadi suatu keharusan bagi perempuan, namun sayangnya banyak perempuan yang lupa menggunakan tabir surya ketika beraktivitas.

Sebuah survei oleh CDC menunjukan bahwa hanya 29,9 persen perempuan menggunakan tabir surya secara teratur di wajah dan area yang terpapar sinar matahari. Dilansir dari makeup.co, dr. Brucer Katz, dokter kulit dari Juva Skin New York mengatakan, bagaimana pentingnya menggunakan tabir surya dan cara benar menerapkan tabir surya untuk hasil yang maksimal.

1. Makeup atau tabir surya?

Apakah pernah bertanya-tanya apa yang lebih dahulu digunakan, makeup atau tabir surya? Setelah mandi, biasakan menggunakan tabir surya terlebih dahulu, kemudian makeup.

Katz mengatakan, walaupun BB krim favoritmu memiliki SPF 20, namun sebaiknya jangan mengandalkan makeup untuk sumber tabir surya tebaik karena tidak bisa diandalkan untuk tingkat perlindungan.

Katz merekomendasikan, untuk menunggu setidaknya 10 menit agar formula menyerap. Setelah itu, sahabat Fimela boleh menggunakan makeup.

2 of 2

2. Apa yang harus dilakukan diperhatikan dalam tabir surya?

Aplikasikan sunscreen atau moisturizer terlebih dahulu?
Ilustrasi sunscreen. (Foto: pexels.com)

Dr. Katz mengatakan sahabat Fimela jangan pelit menggunakan tabir surya. Pastikan cukup untuk menutupi semua area, termasuk leher hingga telingamu.

Pastikan sebelum membeli tabir surya, perhatikan label pada kemasan apakah memiliki kandungan eng, Titanium Dioksida, dan Avobenzone.

3. Harus diaplikasikan berulang?

Jika berkeringat, berenang, atau wudhu sebaiknya aplikasi ulang tabir surya setiap dua hingga tiga jam. Atau ketika ingin mengaplikasikan makeup, biasakan untuk menggunakan tabir surya terlebih dahulu.

Lanjutkan Membaca ↓