4 Masalah Kulit yang Kerap Dialami Banyak Perempuan dan Solusi untuk Mengatasinya!

Beauty Journal24 Feb 2019, 09:05 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Polusi, debu, dan juga kotoran mungkin sudah menjadi ‘teman’ sehari-hari, apalagi jika tinggal di kota-kota besar. Demi menjaga agar kulit tetap sehat di tengah kondisi lingkungan yang kurang kondusif, pun perlu melakukan perawatan dalam berbagai cara, mulai dari rajin melakukan double cleansing hingga menjalani berbagai treatment di salon kecantikan. Dalam melakukan perawatan, kamu benar-benar perlu memahami kondisi kulit guna mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Selain dari faktor lingkungan, buruknya pola makan serta kurangnya waktu istirahat juga dapat menjadi beberapa penyebab timbulnya berbagai masalah kulit. Ingin tahu apa saja masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, lihat di sini!

1. Jerawat

Harus diakui, kemunculan masalah kulit yang satu ini memang sangat menyebalkan, ya! Apalagi, jika jerawattimbul pada area wajah tertentu dan di saat yang tidak terduga. Misalnya saja, muncul di bagian puncak hidung, satu hari sebelum acara penting. Menyebalkan sekali, bukan? Penyebab timbulnya jerawat pun sebetulnya cukup banyak, mulai dari makanan yang kamu konsumsi, wajah yang kurang bersih, lingkungan, stres, hingga kurangnya waktu istirahat. Lantas, bagaimana cara menanganinya?

Solusi: Untuk mengatasi sekaligus mencegah terjadinya jerawat, pastikan kamu selalu membersihkan kulit secara maksimal. Jangan lupa pula untuk memerhatikan kebersihan alat kecantikan yang kamu gunakan. Selain itu, rutin mengganti seprai dan sarung bantal juga perlu dilakukan agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat berujung sebagai menjadi penyebab terjadinya jerawat.

Sudah melakukan hal-hal di atas? Nah, untuk memaksimalkan hasilnya, perlu memastikan kulit telah mendapatkan hidrasi serta kelembapan yang cukup. Hal ini diperlukan guna meminimalisir terjadinya kekeringan pada kulit yang dapat berujung pada terjadinya produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Sahabat Fimela bisa mengandalkan Haple Grapeseed Oil yang tak hanya baik untuk melembapkan, tapi juga efektif dalam mengontrol minyak dan meredakan jerawat. Selain itu, menggunakan produk skin care berkandungan sulfur, benzoyl peroxide, salycilic acid, dan tea tree oi juga bisa menjadi alternatif lainnya untuk menangani jerawat. Pssst, sederet kandungan tersebut juga dapat kamu temukan dalam Haple Tea Tree Mask, lho!

2. Minyak Berlebih

Masalah minyak berlebih
Masalah minyak berlebih/copyright shutterstock

Masalah kulit berikutnya yang juga banyak dialami oleh wanita adalah produksi minyak berlebih. Selain karena faktor genetik, produksi minyak berlebih juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit yang terlalu kering. Dalam kondisi tersebut, kelenjar sebum secara otomatis akan menerima ‘sinyal’ untuk memproduksi minyak dalam jumlah yang lebih banyak guna mencegah kekeringan pada kulit. Jika memiliki jenis kulit berminyak dan terlalu berlebihan dalam menggunakan produk skin care untuk mengurangi produksi minyak di wajah, jangan heran jika hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan angan-angan. Jika demikian, bagaimana solusi terbaiknya?

Solusi: Untuk mengatasi minyak berlebih, kamu bisa mengontrol produksi minyak di wajah dengan rutin melakukan ritual perawatan kulit dasar, yakni dengan menggunakan cleanser, moisturizer, dan juga protection product. Selain itu, kamu maksimalkan juga hasilnya dengan rutin menggunakan produk skin care dengan kandungan yang mampu menyerap minyak serta kotoran pada kulit, seperti Haple Bentonite Clay yang digunakan bersamaan dengan Haple Rose Water. Kandungan bentonite clay di dalamnya diketahui dapat membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengurangi minyak berlebih dan komedo. Jika tertarik mencoba, kamu hanya perlu mencampurkan 2-3 sendok teh Haple Bentonite Clay dengan Haple Rose Water hingga menjadi adonan berbentuk pasta. Setelahnya, oleskan pada wajah dan hindari area mata serta mulut.

3. Komedo

Komedo termasuk sebagai jenis jerawat ringan yang terbentuk karena adanya kotoran dan minyak yang terjebak di dalam pori-pori. Dalam kurun waktu tertentu, kondisinya akan meradang, kemudian teroksidasi dan berubah menghitam saat terpapar oksigen. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya komedo, mulai dari produksi minyak berlebih, sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara maksimal, serta kurang melakukan eksfoliasi kulit. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menangani komedo?

Solusi: Pastikan kamu selalu membersihkan wajah secara maksimal, yakni dengan mempraktikkan double cleansing. Untuk mengangkat makeup dan sisa kotoran pada wajah, kamu bisa menggunakan Haple Micellar Water yang memiliki kandungan rose water untuk menyeimbangkan pH serta menenangkan kulit yang iritasi. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi paling tidak 2 kali dalam seminggu agar tidak ada penumpukkan sel-sel kulit mati di wajah.

4. Kulit Kusam

Paparan polusi setiap hari, jarang mengaplikasikan sunscreen, malas eksfoliasi kulit, serta tidak menggunakan produk skin care yang sesuai dengan kebutuhan kulit menjadi beberapa alasan yang mungkin membuat kulit kamu terlihat kusam. Selain tak sedap dipkamung, kamu pun jadi kurang percaya diri dengan tampilan kulit wajah yang kusam, bukan?

Solusi: Selain perlu mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas, sebaiknya kamu juga menggunakan produk skin care yang kandungannya mampu meratakan warna sekaligus mencerahkan kulit, seperti Haple Ricebran Oil dan Haple Almond Oil. Keduanya diketahui sangat baik untuk menutrisi sekaligus membantu menyamarkan flek dan noda hitam di kulit. Meskipun teksturnya berupa minyak, face oil ini cepat menyerap dan akan langsung memberikan kelembapan pada kulit tanpa menyumbat pori-pori, lho!

Tertarik mencoba rangkaian perawatan dari Haple untuk menjadi solusi dari berbagai permasalahan kulit yang kamu alami? Dengan mudahnya, produk-produk Haple yang diklaim animal and cruelty free bisa kamu dapatkan dengan memesannya langsung melalui situs resminya di Haple.id. Untuk mengetahui informasi terkini mengenai produk-produk Haple, jangan lupa follow akun Instagram-nya juga, ya!

Baca juga: Review: Haple Natural Skin Care 100% Pure Almond Oil, Produk Skin Care Lokal dengan Harga Terjangkau

Lanjutkan Membaca ↓