Tanda Produk Kecantikan Sudah Bekerja Secara Efektif

Beauty Journal23 Feb 2019, 10:20 WIB
Produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Saat membeli suatu produk skin care, sebagian darimu mungkin ingin melihat hasilnya secara instan. Padahal, produk skin care sendiri umumnya memiliki jangka waktu tertentu untuk benar-benar dapat diketahui hasilnya. Jika dalam kurun waktu tertentu mulai timbul jerawat atau kemerahan, bisa jadi kulit kamu tidak cocok dengan produk tersebut. Lantas, bagaimana untuk mengetahui cocok atau tidaknya kulit dengan suatu produk skin care? Kemudian, bagaimana kita bisa tahu suatu produk benar-benar bekerja secara efektif pada kulit? Berdasarkan pendapat para dermatolog, ini dia tanda-tanda yang bisa kamu jadikan acuan!

Menunggu perubahan yang terlihat di dua minggu pertama

Saat menggunakan suatu produk skin care, tentu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan kulit yang dimiliki. Jika ingin mencerahkan, maka kamu perlu mencari skin care yang punya kemampuan meratakan cerah warna kulit. Begitu pun jika ingin mengurangi jerawat, gunakanlah produk skin care yang mengandung bahan khusus ‘pembasmi’ jerawat, salicylic acid misalnya.Menurut dr. Melanie Palm MD, jika produk topikal yang digunakan menunjukkan klaim dalam kurun waktu tertentu, maka produk tersebut bisa dikategorikan bekerja dengan baik di kulit. Untuk exfoliating product, perkembangannya bisa dilihat dari rutinitas pemakaian selama 1-2 minggu. Jika pori-pori tampak mengecil, kulit terasa lembut dan halus, serta kekusaman mulai berkurang, maka produk tersebut bisa dikatakan melakukan tugasnya dengan baik.

Sementara menurut dr. Neal Schultz MD, khusus untuk produk yang melembapkan, mencerahkan, hingga produk dengan klaim anti-aging, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar-benar menunjukkan hasilnya, yakni sedikitnya 2 minggu hingga 1 bulan sampai paling tidak ada sedikit perubahan yang terlihat.

Memerhatikan efek yang dirasakan sesaat atau setelah pemakaian

Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock
Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock

Selain menunggu perkembangan yang muncul dari kulit, kamu juga bisa membaca apakah produk skin care yang digunakan cocok dengan kulit atau tidak. Dr. Philippa Lowe MD menyatakan bahwa pembersih wajah yang baik sebaiknya bersifat gentle, mampu membersihkan kotoran tanpa membuat kulit iritasi, dan tidak merusak pelindung alami kulit.

Sedangkan menurut Joshua Zeichner MD, penggunaan skin care yang terasa menggelitik saat dipakai adalah hal biasa. Pasalnya, memang ada beberapa bahan yang di awal pemakaian dapat menimbulkan sedikit reaksi, salah satunya retinol. Namun, jika iritasi terus berlanjut bahkan sampai menimbulkan kemerahan dan menunjukkan tkamu-tkamu inflamasi, maka pemakaian skin care tersebut harus segera dihentikan.

Gali informasi dan cari solusi

Tiap orang memiliki tipe dan permasalahan kulit yang berbeda-beda. Maka dari itu, proses penggunaan skin care pun tidak bisa disamaratakan. Ada baiknya, cari tahu terlebih dahulu terkait kandungan serta efek samping dari produk yang digunakan sebelum mengaplikasikannya ke kulit. Selain itu jangan lupa pula untuk menyesuaikannya produk dengan kebutuhan kulit. Jika setelah pemakaian rutin dalam beberapa minggu permasalahan tersebut tak juga kunjung teratasi, tidak ada salahnya untuk mencari solusi langsung pada ahli kulit.

Baca juga: Menurut Saran Para Dermatolog, Ini 7 Hal Terbaik yang Dibutuhkan Kulit Saat Cuaca Dingin

Lanjutkan Membaca ↓