Benarkah Menutupi Jerawat dengan Makeup Dapat Memperparah Kondisinya?

Beauty Journal23 Feb 2019, 17:50 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Membicarakan masalah kulit, jerawat memang masih menjadi salah satu masalah yang paling banyak dialami perempuan Indonesia. Saking gemasnya dengan jerawat yang membuat penampilan menjadi tidak maksimal, seringkali banyak orang berusaha menutupi jerawat dengan makeup. Meski jerawat berhasil tersamarkan, apakah kebiasaan tersebut aman untuk dilakukan atau justru membuat kondisi kulit kamu menjadi semakin parah? Berikut penjelasan dari dermatolog tentang hal ini.

Menutup Jerawat dengan Makeup Menurut Dermatolog

Memang serba salah rasanya menggunakan makeup untuk menutupi jerawat. Di satu sisi penampilan menjadi terselamatkan karena concealer maupun foundation yang diaplikasikan. Namun di sisi yang lain, pemakaian makeup untuk menutupi jerawat dengan sembarangan dan asal-asal saja pada akhirnya dapat membuat kondisi jerawatmu menjadi semakin parah.

Seorang dermatolog dari Union Square Laser Dermatology di New York yang bernama Shereene Idriss, M.D.mengatakan akan lebih baik bila tidak menggunakan makeup dan menunggu hingga jerawat mereda. Beberapa kandungan yang ada di dalam produk kecantikan khususnya makeup dapat menyumbat pori-pori, yang mana dapat membuat kondisi jerawat yang meradang menjadi semakin parah dan tak kunjung mereda. Mengapa demikian? Kulit yang sedang mengalami peradangan karena jerawat ternyata menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami iritasi. Untuk itu, dokter Idriss juga mengaku sangat mengapresiasi orang-orang yang bersabar untuk tidak menggunakan makeup sampai kondisi jerawatnya mereda.

Makeup yang Membuat Jerawat Semakin Parah

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Menurut Mona Gohara, M.D., dermatolog dari Yale School of Medicine, jerawat bisa muncul karena beberapa penyebab seperti hormon yang tidak seimbang, produksi minyak berlebih serta infeksi yang disebabkan karena bakteri. Nah, kondisi tersebut tersebut bisa menjadi semakin parah karena penggunaan makeup dengan kandungan minyak yang terlalu banyak. Tak hanya itu, ternyata ada beberapa produk makeup yang dapat memicu timbulnya jerawat, yang disebut dengan istilah acne cosmetica. Bahkan seseorang yang tak pernah berjerawat sekalipun bisa mengalami masalah jerawat bila menggunakan produk kecantikan tersebut.

Acne cosmetica atau jerawat yang muncul karena penggunaan kosmetik yang salah biasanya berupa beruntusan kecil-kecil yang muncul pada dahi, pipi atau dagu hingga komedo putih yang mendadak sangat banyak. Bila jerawat tersebut muncul di area bibir, maka lipstik atau lip balm yang kamu pakai bisa menjadi penyebabnya. Munculnya jerawat semacam ini membutuhkan waktu beberapa hari hingga enam bulan untuk muncul ke permukaan kulit. Karenanya, banyak orang tidak menyadari bahwa makeup yang mereka gunakan adalah penyebab jerawat yang selama ini kerap muncul. Ketidaktahuan tersebut yang sering membuat siklus jerawat datang silih berganti seakan tak ada habisnya.Memilih Makeup yang Tepat untuk Kondisi Kulit Berjerawat

Lalu, apakah seseorang dengan kulit yang rentan berjerawat tidak boleh menggunakan makeup? Menurut seorang dermatolog bernama Kenneth Howe, M.D., kamu tetap bisa menggunakan makeup, tetapi harus benar-benar cermat dalam memilih produknya untuk mencegah jerawat yang rajin sekali muncul. Selain itu, dermatolog bernama Lily Talakoub, M.D. dari McLean Dermatology and Skincare Center mengatakan bahwa tidak hanya produk kecantikan seperti foundation atau concealer yang harus dipilih dengan hati-hati. Kamu juga perlu memilih produk-produk yang tepat agar kondisi jerawat tidak menjadi semakin parah, bahkan muncul jerawat baru. Hindari pemakaian produk-produk yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat peradangan pada jerawat menjadi semakin parah.

Para dermatolog menyarankan untuk menghindari menutup jerawat yang sedang dalam kondisi matang atau baru saja pecah, karena menutupnya dengan makeup bisa membuat kulit menjadi iritasi, meradang dan infeksinya akan semakin parah serta dapat menghambat proses penyembuhan kulit pasca jerawat. Bila nekat dilakukan, bisa saja muncul jerawat baru di area wajah yang sama dan menimbulkan bekas jerawat yang membuat penampilan menjadi tidak maksimal, lho.

Beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk menggunakan makeup bagi kamu pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat adalah rajin membersihkan wajah dengan melakukan double cleansing, menggunakan makeup dengan klaim non-comedogenic dan dikhususkan untuk pemilik kulit berjerawat, menggunakan pimple patch, mengaplikasikan makeup ke wajah dengan benar, serta mengerti kebutuhan kulit kamu dengan baik. Menutupi jerawat dengan makeup memang cara cepat untuk menyamarkan tampilannya supaya penampilan tidak terganggu dengan adanya jerawat. Namun sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah menggunakan produk yang tepat, ya. Dan bila jerawat di kulit sedang parah-parahnya, sebaiknya tidak perlu menggunakan makeup dulu karena akan membuat kondisinya menjadi semakin parah serta bisa muncul jerawat baru.

Baca Juga: Cara Memilih Produk Makeup dan Skin Care untuk Kulit Berjerawat

Lanjutkan Membaca ↓