Sukses

Beauty

Bikin Cepat Tua, Hindari 4 Menu Makanan Ini

Fimela.com, Jakarta Makanan dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit dan mempercepat penuaan, karena peradangan. Banyak orang melakukan diet anti inflamasi sebagai cara untuk mengatasi masalah peradangan.

Banyak penelitian mengaitkan beberapa penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes dengan peradangan. Peradangan sendiri sebenarnya adalah respon tubuh ketika sistem kekebalan melawan hal-hal berbahaya, seperti bakteri, dan penyakit tertentu.

Dilansir dari huffingtonpost.com, Jumat (1/3/2019), berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan peradangan dan mempercepat terjadinya penuaan. Penasaran apa saja?

1. Alkohol

Seiring bertambahnya usia, tubuh tidak dapat menangani alkohol yang kamu konsumsi. Sensitivitasmu terhadap alkohol akan meningkat seiring bertambahnya usia, karena kadar air yang lebih rendah di dalam tubuh.

Kemampuan hati untuk mendetoksifikasi akan berkurang dan alkohol hanya akan memperburuk keadaan. Alkohol juga dapat membuat kulit dehidrasi.

Sebagai gantinya, cobalah mengonsumsi campuran air dan lemon. Campuran air dan lemon dapat membantu pencernaan dan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan.

2. Makanan olahan

Tubuh tidak selalu tahu bagaimana cara memproses makanan olahan yang dikemas, terutama jika mengandung bahan-bahan tertentu untuk memperpanjang umur makanan tersebut. Berhati-hati ketika mengonsumsi makanan, terutama yang digoreng tinggi lemak trans dan jenuh, karena dapat menyebabkan peradangan.

Banyak juga makanan olahan yang sarat gula, menyebabkan lonjakan gula darah dan peradangan di seluruh tubuh. Sebagai gantinya, pilihlah makanan dengan kandungan lemak sehat, seperti alpukat untuk membantu melawan peradangan.

 

Pemanis buatan dan susu

3. Pemanis buatan

Pemanis buatan seringkali ditemukan dalam makanan yang memiliki label "bebas gula." Tubuh tidak memahami cara memecah bahan kimia tersebut dan seringkali menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan ketika dikonsumsi berlebihan, seperti kembung.

Sebagai gantinya, cobalah mendapatkan asupan gula dari yogurt dan buah. Yogurt mengandung kalsium tinggi, membantu mencegah osteoporosis, sedangkan buah kaya akan vitamin dan antioksidan.

4. Susu

Tingkat laktase akan turun seiring bertambahnya usia, menyebabkan tingkat intoleransi laktosa. Laktase adalah enzim yang membantu tubuh mencerna produk susu dan intoleransi akan menyebabkan peradangan.

Sebagai gantinya, konsumsi lebih banyak sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin, nutrisi, senyawa anti inflamasi, dan antioksidan untuk memerangi kerusakan sel-sel tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading