Tips Mengaplikasikan Produk Skin Care yang Tepat Sesuai dari Ahli

Beauty Journal27 Feb 2019, 15:35 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia skin care, terdapat begitu banyak aturan tidak tertulis yang konon dapat memengaruhi kondisi kulit. Mulai dari tidak boleh menggunakan produk A dan B secara bersamaan, larangan eksfoliasi terlalu sering, dan masih banyak lagi. Selain beberapa ‘aturan’ tersebut, kamu mungkin juga pernah mendengar bahwa seseorang perlu menunggu beberapa saat agar produk skin care yang digunakan meresap sebelum mengaplikasikan produk berikutnya. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka katanya produk tidak akan bekerja secara efektif. Hmm, apakah anggapan tersebut fakta atau hanya sekadar mitos belaka? Ketahui jawaban dari ahlinya di sini!

1. Apakah Perlu Menunggu Hingga Produk Skin Care Meresap di Kulit?

Jawabannya, tidak! Dilansir dari situs resmi Paula’s Choice, semua skin care yang diaplikasikan akan langsung terserap dengan baik oleh kulit dan bekerja efektif. Tidak akan ada produk yang menghalangi penyerapan atau mengurangi efektivitas produk lainnya. Selain itu, kulit pun diketahui dapat menerima banyak kandungan skin care secara bersamaan.

Berdasarkan hasil konsultasi ke dua dermatolog, The Klog pun menyatakan hal yang sama, bahwasanya menunggu hingga produk skin care meresap di kulit hanyalah mitos belaka. “Kulit sangatlah efektif dalam menyerap suatu kandungan, pada kenyataannya, kamu tidak perlu menunggu lebih dari beberapa detik untuk mengaplikasikan produk di atas produk lainnya,” tambah Rachel Nazarian, dermatolog di New York. Namun, ada pula beberapa pendapat lain yang menyebutkan sebaliknya. Seperti Vivian Bucay, dermatolog dari San Antonio yang menyebutkan bahwa produk membutuhkan waktu untuk bisa terserap secara maksimal ke dalam kulit, paling tidak sekitar 30 menit.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja Secara Efektif

2 of 2

2. Kapan Perlu Menunggu Hingga Skin Care Meresap di Kulit?

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Kebanyakan orang merasa mereka perlu menunggu skin care hingga meresap saat mengaplikasikan produk exfoliant, seperti AHA atau BHA. Menurut website resmi Paula’s Choice, produk exfoliant yang diformulasikan dengan bagus akan tetap bekerja efektif meskipun kamu langsung menimpanya dengan skin care lain. Walaupun tidak harus, mungkin kamu akan merasa lebih nyaman menunggu produk acid yang bersifat abrasif sebelum melapisinya dengan pelembap.

Namun, ada beberapa pengecualian di mana sebaiknya tetap menunggu hingga skin care meresap, misalnya saat menunggu sunscreen meresap sebelum mengaplikasikan makeup atau penggunaan acne spot treatment agar hasilnya bekerja maksimal. Menurut dr. Nazarian, kamu hanya perlu menunggu selama paling tidak selama 1 menit saja, kok! Selain kedua pengecualian ini, sebaiknya kamu juga menunggu hingga produk meresap, atau paling tidak mengering jika merasa produk skin care yang digunakan terasa menggumpal.

Baca juga: 10 Macam Produk Skincare dan Urutan Pakainya

Lanjutkan Membaca ↓