Kentang Bisa Diandalkan dalam Perawatan Jerawat dan Masalah Kecantikan Lainnya

fitriandiani11 Mar 2019, 06:30 WIB
Manfaat Kentang

Fimela.com, Jakarta Seringkali jadi opsi karbohidrat pengganti nasi, ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit, khususnya untuk mengatasi jerawat dan komedo.

Kentang mengandung vitamin C yang mampu mendorong produksi kolagen dan menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari. Selain itu, ada juga vitamin B yang membantu transformasi kulit dan mencerahkan noda bekas jerawat yang ada.

Tapi, ada beberapa cara berbeda untuk menggunakan kentang sebagai bahan perawatan kulit. Kamu harus menyesuaikannya agar dapat bekerja dengan optimal. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

 

 

Meredakan Jerawat dan Bekasnya

Jerawat/mlg
Ilustrasi mengatasi jerawat/copyright shutterstock

Parut satu buah kentang yang telah dicuci bersih, lalu gunakan kain untuk memeras kentang parutan tadi agar keluar sarinya. Setelah selesai, simpan di dalam kulkas 10-15 menit, lalu aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Gosok-gosok area yang berjerawat atau ada bekas jerawat, diamkan 5 menit. Setelah itu bersihkan dengan air.

Lakukan dua kali sehari untuk hasil yang cepat terlihat. Jika digunakan setiap hari, hasilnya akan tampak signifikan dalam dua minggu!

Solusi untuk Komedo

Malu Dong Punya Komedo? Hilangkan dengan Cara Ini Deh
Hilangkan komedo dengan cara alami. (Foto: istimewa)

Komedo jenis blackheads dan whiteheads bisa diatasi dengan kentang. Caranya, blender 1 buah kentang, 1 sdm cuka apel dan sedikit air. Setelah halus, tuang ke cetakan es batu lalu biarkan membeku.

Jika sudah beku, cuci bersih wajah. Gunakan es batu kentang tadi untuk menggosok seluruh wajah, terutama bagian yang berkomedo.

Es batu kentang bisa disimpan untuk pemakaian berikutnya jika dalam satu sesi dirasa sudah cukup. Untuk hasil maksimal, pakai cara ini 2-3 kali sehari, ya!

Lanjutkan Membaca ↓