Kenali Jenis-Jenis Jerawat untuk Penanganan yang Tepat

Nabila Mecadinisa08 Mar 2019, 18:30 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi salah satu masalah yang tak ada habisnya. Untuk mengatasinya, diperlukan cara tepat yang menjadikan jerawat lebih tenang dan bisa teratasi. Selain mengetahui jenis kulit yang kita miliki, mengetahui jenis jerawat adalah hal yang harus dilakukan. Yang harus dipahami, jerawat memiliki bentuk beragam dan jenis-jenisnya pun beragam.

1. Whiteheads

Whiteheads dikenal juga dengan sebutan komedo dengan ciri bintik putih yang muncul pada pori-pori. Jenis jerawat ini terjadi terjadi akibat pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih hingga akhirnya menjadi jerawat. Untuk mengatasinya, gunakan skincare dengan formula lembut sehingga menghindari terjadinya iritasi pada wajah.

Jenis Jerawat

Jerawat
Ilustrasi masalah jerawat/copyright shutterstock

2. Blackhead

Blackhead terjadi karena sumbatan pori-pori dan terekspos oleh udara sehingga teroksidasi dan membuat komedo berubah jadi kehitaman. Untuk mengatasinya, scrub bisa diandalkan sehingga secara perlahan akan membantu mengangkat kotoran pada pori-pori secara lebih baik.

3. Papula

Papula adalah jenis jerawat komedo yang mengalami inflamasi. Jerawat ini memiliki benjolan dan rona kemerahan. Papula muncul akibat komedo yang menginfeksi dinding kulit hingga akhirnya menyebabkan kemerahan dan nyeri. Pilihlah produk yang bisa menenangkan kulit. Hindari kandungan keras yang justru bisa memperparah kondisi jerawat. Kamu bisa mengompresnya secara rutin dengan penggunaan es batu untuk meminimalisir peradangan yang terjadi.

4. Putsula

Jenis jerawat ini memiliki bentuk seperti benjolan yang menyerupai papula namun terdapat mata seperti titik putih berupa nanah. Jerawat ini terbilang memerlukan penanganan ahli untuk mengatasinya. Sebab jenis jerawat ini dapat menyebar dan memperparah kondisi kulitmu. Antbiotik bisa dijadikan solusi tepat untuk mengatasi jerawat yang satu ini.

5. Nodula

Sedangkan nodula adalah jerawat yang berukuran besar, kemerahan, dan bisa bertaham cukup lama pada kulit. Kondisi kulit biasanya diiringi peradangan dan terjadi pada permukaan kulit. Untuk mengatasinya, diperlukan peerawatan khusus dan ditangani oleh tenaga ahli sehingga jerawat bisa teratasi dengan baik.

Dengan lima jenis jerawat di atas, maka kamu bisa mencari tahu cara untuk mengatasinya dengan tepat.

 

Lanjutkan Membaca ↓